Hujan Angin, Bundaran HI Tergenang

   •    Rabu, 06 Feb 2013 21:30 WIB
 Hujan Angin, Bundaran HI Tergenang

MI/Angga Yuniar/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Hujan deras yang menyiram Jakarta sejak pukul 15.00 WIB membuat sejumlah ruas jalan utama tergenang.

Tidak terkecuali dengan kawasan Bundaran Hotel Indonesia, di Jl MH Thamrin, Jakarta. Rata-rata, ketinggian air mencapai 30 cm. Tak pelak, arus lalu lintas tersendat. Angin kencang yang menjadi bonus hujan periode ini, juga menumbangkan beberapa pohon.

Hal itu didasarkan atas pemantauan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. Petugas TMC Polda Metro Jaya Briptu David mengungkapkan, salah satu kawasan pusat kota yang terendam air akibat curah hujan yang tinggi adalah kawasan Jl Jend. Sudirman hingga Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Bundaran Hotel Indonesia, yang berada di salah satu titik jalan itu, pun kembali terendam sekitar 20 cm. "Arus (lalu-lintas) jadi tersendat," ujarnya, di Jakarta, Rabu (6/2).

Genangan di kawasan yang menjadi langganan lokasi unjuk rasa ini, genangan terlihat utamanya di depan Hotel Mandarin, yang mencapai 20 cm.

Sementara di kawasan Sarinah, kondisi genangan air terpantau cukup parah, yakni 35 cm. Ketinggian air nyaris mencapai lutut orang dewasa. Meski begitu, sejumlah pengendara kendaraan roda empat dan pemotor memaksakan diri untuk menerobos genangan tersebut. Kendaraan yang pelan menerobos air ini membuat lalu-lintas memelan.

Wakil Direktorat Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Wahyono mengungkapkan, genangan air yang terjadi di Jakarta Pusat ini cukup merata. Dia merinci, selain kawasan Bundaran HI dan Sarinah, banjir setinggi 20 cm juga menerpa Jl Pejambon. Jl Teuku Umar terendam sedalam 25 cm, Jl Medan Merdeka Timur 25 cm, Jl Medan Merdek Selatan (di depan Wisma Antara) sedalam 20 cm, serta area di sekitar Patung Kuda 20 cm.

Di Jakarta Selatan, sambungnya, banjir terjadi di depan Balai kartini dengan ketinggian air 20 cm, di depan Gedung TVRI sedalam 35 cm, di depan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi 35 cm, di sekitar pusat perbelanjaan Kuningan City 40 cm, di depan kantor Nestle di Jl TB Simatupang sedalam 20 cm, di depan Universitas Atmajaya 20 cm, serta di depan gedung KPK setinggi 20 cm.

Untuk kawasan Jakarta Barat, genangan terpantau di Jl Daan Mogot di depan Studio indosiar dengan ketinggian air 25 cm dan di depan restoran cepat saji Mc Donald Daan Mogot dengan kedalaman air 20 hingga 30 cm, di Jl Arjuna Utara 20 cm, di depan pusat perbelanjaan Citraland 40-50 cm, di depan Untar yang mengarah ke Tomang sedalam 30 cm, dan di Tanjung Duren 30 cm. Genangan di wilayah lainnya ada di Jakarta Tumur. Yakni, di kawasan lampu merah Matraman dan di Jl Kebon Nanas, dengan kedalaman air sekitar 20cm.

Sebagai konsekuensi, arus lalu lintas di titik-titik tadi tersendat. Selain itu, efeknya memanjang ke kawasan Jembatan Semanggi. Laju kendaraan terpantau sangat pelan, sekitar 10 km/jam hingga 20 km/jam saja. Jam pulang kantor pun memberi kontribusi banyaknya kendaraan yang tumplek ke jalan.

Sebulan lalu, tepatnya 17 Januari, Bundaran HI menjadi kolam raksasa akibat curah hujan tinggi yang menerpa Jakarta yang berlangsung simultan selama sekitar seminggu. Ketika itu, ketinggian air bahkan mencapai sekitar lebih dari 50 cm. Terendamnya pusat kota ini juga didukung oleh jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat di Jl Latuharhary, Jakarta Pusat. Banjir periode itu juga memakan korban jiwa saat empat lantai dasar (basement) Gedung UOB Plaza terendam air bah.

Sementara itu, tambah David, insiden pohon tumbang pun terjadi di depan hotel Shangri-laa, di kawasan Pejompongan. Menurutnya, ini diakibatkan angin kencang yang menyertai hujan deras tadi sore. "Tapi tidak ada korban jiwa," tandasnya.

Pembaruan data Polda Metro Jaya menyebutkan, ada tambahan jumlah pohon tumbang di sejumlah lokasi. Total, ada 12 titik pohon yang jatuh rebah ke tanah. Mayoritas, terjadi di Jakarta Selatan yang menyumbang tujuh titik. Yakni, di kawasan Ciasem, Kebayoran Lama, di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum, di kawasan Kuningan, di Cikatomas, Kebayoran Lama, di Ragunan, di Mampang, serta di dekata pusat perbelanjaan Ratu plaza.

Lokasi pohon tumbang lainnya ada di Jakarta Pusat. Selain di dekat Hotel Shangri-laa tadi, lokasi pohon tumbang lainnya ada di depan Masjid Istiqlal, dan di kawasan Cideng yang mengarah ke Tomang.

Sementara, Jakarta Barat menyumbang pohon tumbang di Tomang, dan di Jl Arjuna Utara. (Arif Hulwan/Win)


KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA