Api Bengkel Cafe Berasal dari Percikan Alat Las

   •    Rabu, 06 Feb 2013 21:42 WIB
Api Bengkel Cafe Berasal dari Percikan Alat Las

Ilustrasi--MI/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran yang terjadi di Restoran Bengkel Cafe di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan terindikasi diawali kegiatan pengelasan dalam proses renovasi gedung.

Lima belas mobil Dinas Pemadam Kebakaran pun dikerahkan untuk menjinakkan api. Beruntung, hujan deras yang disertai angin kencang membantu tugas laskar bermotto pantang pulang sebelum padam ini.

"Awalnya sedang ada renovasi. Ada tukang yang mengerjakan pengelasan. Saat mengelas, keluarlah itu percikan api dan menyambar kabel yang ada di panel," ungkap Kepala Suku Dinas Damkar Jaksel Frans Hoden Silalahi, di lokasi kejadian, Rabu (6/2).

Senada, seorang pegawai Bengkel Cafe, Budi, menambahkan, api mulai muncul dari ruangan yang sedang direnovasi. Bagian ruangan gedung itu, katanya, akan diperuntukkan bagi restoran baru. Ia bahkan menuding kelalaian si tukang bangunan itu sebagai biang kebakaran.

Menurutnya, awal mula kemuncul percikan api itu justru tak dilaporkan. Insiden baru terdengar disuarakan saat api membesar. "Terlebih, kebetulan tangki air lagi kosong," tambahnya.

Frans menjelaskan, api itu berasal dari panel bagian bawah. Saat ini, akunya, petugas masih berupaya memadamkan api.

"Untung juga dibantu air hujan," selorohnya.

Lewat pesan singkatnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Paimin Napitupulu mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan 15 mobil Pemadam Kebakaran ke Bengkel Cafe. Ia mengungkapkan, titik amukan api yang berusaha dipadmakan ada di lantai 2 dan lantai tiga cafe itu.

Soal adanya korban dari insiden itu, Frans sendiri mengaku belum mendapatkan informasi korban jiwa serta besar kerugian yang dialami Bengkel Cafe. "Kerugian masih belum bisa ditaksir," akunya.

Kebakaran ini sendiri dimulai sekitar pukul 15.00 WIB. Terlihat bagian atas cafe hangus terbakar bahkan bolong. Guyuran hujan memang membantu proses pemadaman. Akan tetapi, asap hitam tebal masih terlihat membumbung tinggi ke langit yang mendung. Kebakaran ini diduga dari panel listrik cadangan.

Kerumunan orang yang penasaran dan ingin melihat kebakaran Pun terlihat memadat di sekitar lokasi. (Arif Hulwan/Win)