Sipir Banceuy Pembawa Sabu Kerap Berpakaian Metal

Iwan Gumilar    •    Minggu, 24 May 2015 15:01 WIB
narkotika
Sipir Banceuy Pembawa Sabu Kerap Berpakaian Metal
Sejumlah tersangka pengedar narkoba, salah satunya sipir Lapas Banceuy, diperlihatkan kepada wartawan di Badan Narkotika Nasional, Jakarta, Jumat (22/5/2015). BNN menciduk delapan tersangka pengedar narkoba di Bandung dan Jakarta. Foto: Antara/Mohamad Fah

Metrotvnews.com, Bandung: Kepala Keamanan Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Bandung, Dendi Ruspendi membantah adanya sistem pembinaan yang salah di Lapas Banceuy.

Ini terkait dengan tertangkapnya sipir Lapas Banceuy, Dedi Romdoni Firmansyah, oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang membawa 17 kilogram sabu-sabu. 

"Justru kami sudah mencium perilaku menyimpang Dedi dan mencurigai gerak-geriknya," kilah Dendi, di kantornya, kepada Metro TV, Minggu (24/4/2015).

Sebelum tertangkap BNN, Dedi mengaku terus memantau gerak-gerik Dendi lewat pengawasan satuan internal Lapas Banceuy. "Karena yang bersangkutan sudah terlalu dekat dengan warga binaan," terangnya.

Bahkan, Agung, salah seorang narapidana yang ditangkap BNN, sengaja dipindahkan ke Lapas Karawang karena dianggap mempunyai dekat dengan Dedi.

"Kami juga kerap mengingatkan Dedi bahwa sipir adalah pelayan warga binaan, bukan pesuruh warga binaan," kata Dendi.

Di Lapas Banceuy, Dendi menjelaskan ada kegiatan rutin pembinaan petugas sipir. Setiap apel pagi, Lapas Banceuy memiliki program mingguan dan bulanan untuk mendoktrin sipir agar tak terlalu dekat dengan warga binaan.

Dendi menduga perilaku Dedi di luar lapas yang menyebabkan ia terjerumus dalam jaringan narkoba. "Karena selama ini Dedi terkenal di lingkungan lapas sebagai anak band dan kerap menggunakan pakaian yang aneh-aneh," katanya.

Dedi ditangkap BNN pada 21 Mei karena mambawa 17 kilogram sabu-sabu. Ia ditangkap saat sedang berlibur dari pekerjaannya di Lapas Banceuy. 

BNN sempat menggeledah kediaman Dedi di Bandung dan menemukan ratusan pil ekstasi dan puluhan paket sabu, tak lama setelah ia tertangkap. 

Setahun terakhir, Dedi tinggal sendirian di rumah dinas di Kota Bandung. Dedi sudah bertugas sebagai sipir Lapas Banceuy selama lima tahun.



(UWA)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

15 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA