Review Game

Menjajal Kebrutalan GTA Online

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 25 May 2015 09:18 WIB
review gadget
Menjajal Kebrutalan GTA Online
GTA Online hadir satu paket dengan GTA V

Metrotvnews.com, Jakarta: Game besar dengan jenis AAA saat ini memang selalu hadir dengan fitur online, tak terkecuali GTA V. Game besutan Rockstar tersebut juga memiliki fitur online yang memungkinkan Anda bermain bersama orang lain dari seluruh dunia. Uniknya, GTA V versi online merupakan sebuah game terpisah dengan nama GTA Online. Meskipun demikian, latar belakang dan karakternya masih sama dengan GTA V.

Di GTA Online, Anda tak akan menggunakan karakter yang ada di GTA V, melainkan Anda akan diminta untuk membuat karakter sendiri layaknya sebuah game MMORPG. Jadi ucapkan selamat tinggal kepada Michael, Franklin dan kawan-kawan, karena Anda tidak akan dapat menggunakan mereka di game ini.

GTA Online pun menyediakan pilihan karakter wanita. Uniknya, Anda juga akan diminta untuk memilih siapa orangtua dari karakter Anda, sehingga tampilan karakter Anda akan dibuat berdasarkan kedua orangtuanya.

GTA Online masih berlangsung di kota Los Santos, sama seperti GTA V. Berbagai fasilitas di Los Santos mulai dari bandara, rumah sakit, mini market, hingga toko senjata, semuanya sama persis dengan yang ada di GTA V. Perbedaannya adalah GTA Online lebih memiliki gameplay dinamis karena dunianya dibangun di atas berbagai macam pemain dari seluruh dunia. Meskipun dalam satu kanal game hanya dapat dihuni oleh tak lebih dari 15 pemain, GTA Online masih dapat tampil lebih brutal dari GTA V.

Pemain GTA Online diberikan pilihan untuk dapat saling bekerjasama atau saling bermusuhan. Beberapa misi juga dapat dijalankan dengan cara bekerjasama, sehingga saya sarankan Anda untuk mencari rekan yang dapat diajak bekerjasama ketika bermain game ini.

GTA Online juga memiliki fitur pertemanan, Anda dapat menambahkan teman ke daftar pertemanan dan mengajaknya bermain bersama. Fitur tersebut sangat berguna ketika Anda akan melakukan operasi kriminal besar atau Heist.

Heist adalah misi operasi kriminal besar-besaran yang sama seperti di GTA V. Bedanya, Heist di GTA Online dilakukan oleh para pemain nyata yang dituntut harus saling bekerjasama. Untuk melakukan operasi Heist, karakter penggagasnya harus terlebih dulu berada di level 12 dan memiliki sebuah apartemen mewah untuk dijadikan pusat operasi.

Ketika syaratnya terpenuhi, karakter tersebut akan dihubungi oleh Laster yang akan menjelaskan secara detail operasi Heist. Heist tergolong operasi yang sangat sulit karena kuncinya berada di kemampuan masing-masing pemain. Untuk itulah, saya sangat menyarankan Anda untuk membentuk sebuah tim permanen untuk operasi Heist.

Perlu diketahui bahwa Heist merupakan salah satu cara ampuh untuk menambang uang di GTA Online, sehingga sangat sayang bila Anda tak pernah melakukannya.

Selain Heist, ada cara lain untuk mendapatkan uang di GTA Online, seperti bermain saham dan merampok toko. Uniknya, ketika merampok toko, Anda dapat berteriak dan mengancam penjaga tokonya melalui mikrofon. Hal tersebut membuat penjaga toko ketakutan dan akhirnya menyerahkan uangnya dengan lebih cepat.

Selain itu, Anda juga dapat mencuri mobil dan menjualnya kepada penadah mobil yang berada di Los Santos. Harga mobil yang dijual pun bervariasi. Semakin langka mobil tersebut, maka semakin mahal pula harganya. Jadi, selalu perhatikan berbagai mobil yang melintas di jalanan Los Santos.

GTA Online juga memiliki fitur unik bernama Bounty. Ia membuat para pemain bisa memberikan bounty atau harga buruan kepada pemain lainnya. Jika seorang pemain telah dipasangi bounty, siapa pun pemain yang membunuhnya akan mendapatkan uang sesuai dengan harga yang dipasang. Fitur ini sebenarnya membuat GTA Online terasa lebih brutal dari GTA V.

Sejauh yang saya mainkan, GTA Online sangat memuaskan dari berbagai sisi. Selain tampil dengan grafis yang memukau, ia hadir dengan gameplay yang seru, apalagi jika Anda memiliki teman yang dapat diajak bekerjasama. Sayangnya, sebagai sebuah game online, GTA Online mengharuskan pemainnya untuk memiliki koneksi yang mumpuni.

Hal tersebut mungkin mudah untuk mereka yang tinggal di kota besar di Indonesia, tetapi akan cukup menyulitkan bagi yang berada di daerah dengan koneksi pas-pasan. Selain itu, tentunya Anda tidak dapat menggunakan kode cheat maupun mod di GTA Online.



Platform: PC, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, Xbox 360
Developer: Rockstar North
Publisher: Rockstar
Tanggal Rilis: 4 November 2014
Jenis: Action
Situs Resmi: http://www.rockstargames.com/V/

Grand Theft Auto Online

 

9.5

  • + Grafis dan gameplay yang sangat bagus
  • + Dilengkapi dengan berbagai fitur sosial
  • + Misi yang variatif dan menantang
  • - Harus didukung dengan koneksi internet yang mumpuni



(ABE)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA