Ada 'Kalkulator' Berjalan di Warung Makan Kalkulator Surabaya

Amaluddin    •    Minggu, 24 May 2015 17:07 WIB
kuliner
Ada 'Kalkulator' Berjalan di Warung Makan Kalkulator Surabaya
Suasana di Warung Sedap Malam Kalkulator. Foto: Metrotvnews.com/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Bicara soal makanan di kota Surabaya tentu tidak ada habisnya. Beragam kuliner khas Jawa Timuran bertebaran di kota yang lebih dikenal kota pahlawan ini. 

Salah satunya adalah Warung Sedap Malam Kalkulator yang berada di kawasan yang sangat mudah ditemukan, yakni berada di belakang makam Mbah Bungkul, Taman Bungkul, Surabaya, Jawa Timur.

Nasi rawon dan Soto kalkulator merupakan menu andalan Warung Sedap Malam Kalkulator. Jangan berpikir rawonnya dicampur kalkulator atau bentuk dagingnya dipotong kayak kalkulator. 

"Ini hanya sebuah penamaan warung makan saja, tidak ada hubungannya antara rawon dan kalkulator," kata Ajib Rosidi, pemilik Warung Kalkulator, ditemui Metrotvnews.com, baru-baru ini.

Ajib menamakan warungnya kalkulator karena kebetulan pramusaji di Warung Sedap Malam ini cukup cepat menghitung total belanja para konsumen di luar kepala.

"Kecepatan menghitung mereka seakan lebih cepat dibanding kalkulator. Akhirnya nama warung ini dinamai Rawon Kalkulator seperti sekarang," kata Ajib.

Menurut salah seorang pelayan, warung Sedap Malam berdiri sejak 1975 silam. Warung tersebut seakan sudah melekat pada masyarakat khususnya warga Surabaya. Namun, beberapa tahun belakangan nama warung ini semakin mencuat ke permukaan karena masyarakat semakin mengetahui keberadaan warung ini.

"Dulu gak seramai sekarang ini," kata salah satu pelayan sembari bergegas melayani pengunjung lain yang datang.

Nah, untuk rasa, rawon kalkulator hampir terbilang sama dengan rawon-rawon lainnya yang ada di Jawa Timur. Yang membedakan hanya nama warungnya.

Selain itu, mungkin kualitas daging sapi dan ukuran potongan daging sedikit berbeda dibanding nasi rawon atau soto rawon di warung lainnya. Rawon Kalkulator punya potongan daging lebih besar.

"Sebenarnya rasa dan porsi menunya sama dengan warung-warung pada umumnya. Hanya nama warungnya yang unik dan cara pramusaji  saja yang berbeda," tutur Rahardi Junianto, yang takjub dengan kecepatan menghitung pramusaji.

Kuah soto panas yang kaya rempah dengan potongan daging sapi yang empuk diguyurkan ke nasi itu lumayan sedap, terlebih lagi dengan taburan tauge, daun seledri, dan bawang goreng. "Kuahnya memang aduhai, tidak terlalu pekat tapi tidak pula terlalu encer," katanya. 

Untuk bisa menikmati dua menu di Warung Sedap Malam Kalkulator itu, seporsi nasi rawon bisa berisi daging 5-6 potong daging yang empuk. Sepiringnya dihargai Rp15 ribu. Sedangkan satu potong gorengan jeroan Rp5.000, telor asin Rp2.000, berkedel Rp2.500, serta tempe goreng Rp1.500.



(UWA)