Menteri Perminyakan Iran: OPEC tak Mungkin Ubah Pagu Produksi

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 24 May 2015 17:35 WIB
opec
Menteri Perminyakan Iran: OPEC tak Mungkin Ubah Pagu Produksi
Ilustrasi kilang minyak -- FOTO: Reuters/Tood Korol

Metrotvnews.com, Dubai: Negara-negara pengekspor minyak (OPEC) tidak mungkin mengubah pagu produksinya ketika kelompok tersebut akan bertemu pada Juni.

"Menurunkan produksi OPEC membutuhkan konsensus antara semua anggota, dalam kondisi saat ini tampaknya tidak mungkin produksi OPEC akan berubah," ungkap Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh seperti diberitakan kantor berita resmi Iran Mehr, seperti dilansir Reuters, Minggu (24/5/2015).

Bulan lalu, Zanganeh mengatakan OPEC harus menurunkan target produksi harian minyak mentah sebesar minimal lima persen atau sekitar 1,5 juta barel per hari.

OPEC akan bertemu pada 5 Juni. Pada pertemuan terakhir di November, OPEC, yang dipimpin oleh gembong minyak Arab Saudi, memutuskan mengurangi produksi untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Serta menolak panggilan beberapa anggota seperti Iran dan Venezuela untuk mengurangi produksi demi menopang harga.

Minyak mentah LCOc1 Brent turun USD1,17 atau 1,8 persen menjadi USD65,37 per barel pada Jumat. Harga minyak yang lebih rendah telah menghantam produsen kurang kaya OPEC, termasuk Iran. Sementara pada pertemuan 5 Juni di Wina, kemungkinan akan mendengar tuntutan baru dari beberapa anggota OPEC untuk mengurangi jumlah minyak.

Iran menginginkan anggota OPEC lainnya untuk membuka jalan bagi kenaikan ekspor, jika berhasil mencapai kesepakatan akhir dengan enam kekuatan dunia atas program nuklirnya. Batas waktu untuk kesepakatan tentang masalah nuklir akan jatuh pada 30 Juni.


(AHL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA