Tak Punya Uang, Yunani Absen Bayar Utang ke IMF

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 24 May 2015 18:04 WIB
ekonomi yunani
Tak Punya Uang, Yunani Absen Bayar Utang ke IMF
Yunani takkan bayar utang ke IMF. Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Athena: Pemerintah Yunani tidak akan membayar utangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF) pada bulan depan karena tidak punya uang.

"Ada empat angsuran kepada IMF pada Juni sebesar 1,6 miliar euro (USD1,8 miliar). Uang ini tidak akan diberikan dan tidak ada yang akan diberikan," kata Menteri Dalam Negeri Yunani Nikos Voutsis kepada televisi lokal setempat, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (24/5/2015).

Usai menutup pasar obligasi karena bantuan bailout terkunci, Athena telah mengais kas negara untuk memenuhi kewajiban utang, serta membayar upah dan pensiun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras memperingatkan kreditur asing bahwa negaranya tidak akan melakukan pembayaran kembali utang sebesar 750 juta euro kepada IMF pada Mei ini.

Kecuali, Yunani segera disediakan likuiditas yang mencukupi untuk mencegah negara tersebut mengalami krisis lebih dalam. Namun demikian, Athena akhirnya melakukan pembayaran pada 12 Mei dengan mengosongkan rekening yang ditahan untuk Dana Moneter Internasional.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA