Pancuran 17 Gua Sigeong, Dipercaya Menyembuhkan Penyakit

Bambang Mujiono    •    Minggu, 24 May 2015 19:05 WIB
wisata sejarah
Pancuran 17 Gua Sigeong, Dipercaya Menyembuhkan Penyakit
Khasiat air yang memancar dari gua Sigeong dan Pancuran 17 dipercaya berkhasiat (Foto:Metrotvnews.com/Bambang Mujiono)

Metrotvnews.com, Tegal: Jika Anda melintas di kawasan selatan kabupaten Tegal, sempatkan diri mampir di obyek wisata Sigeong Guci. Mengapa? Karena gua dan pancuran yang merupakan situs bersejarah ini memancarkan air panas yang dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Gua sigeong berada di dalam obyek wisata Guci kabupaten Tegal, 10 kilometer dari kota Tegal. Terletak di pegunungan Slamet, obyek wisata Sigeong memberikan pemandangan obyek wisata berupa gua dan pancuran air yang langsung mengalir dari puncak gunung Slamet.

Yang unik dari obyek wisata ini, sebagian besar pengunjungnya adalah orang yang memiliki keluhan penyakit. Misalnya, penyakit kulit, penyakit tulang, serta penyakit dalam lainnya.

Khasiat air yang memancar dari gua Sigeong dan Pancuran 17 telah diyakini masyarakat sejak ratusan tahun lalu. Sumber mata air di sana mengandung belerang serta unsur kimia alam lainnya, diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Berdasarkan keyakinan warga sekitar, gua Sigeong dan Pancuran 17 ini adalah petilasan seorang panembahan asal Jawa Barat yang mengungsi di Tegal dan membuat padepokan di Guci, Bumijawa kabupaten Tegal.

Saat berada di pedepokan ini, penambahan bernama Elang Sutawijaya  bersemedi di gua dan membuat sumber mata air.

Karena dipandang sakti, warga meminta berkah untuk kesembuhan penyakit kepada Elang Sutawijaya ini. Setiap warga yang meminta obat penyembuhan, sang panembahan memberinya air dalam wadah yang terbuat dari tanah liat atau dikenal dengan nama guci.

"Berdasarkan legenda itulah selanjutnya kawasan tersebut dikenal sebagai obyek wisata Guci. Karena wadah tempat obat milik panembahan yang dipercaya memeliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit," ucap Kepala UPTD Guci Abdul Kharis, kepada Metrotvnews.com.

Seiring perkembangan zaman, Pancuran 17 dan Gua Sigeong dipercaya membawa keramat sehingga warga berbondong-bondong memanfaatkan sumber mata air dan hingga kini berkembang menjadi obyek wisata.

Setiap harinya lokasi ini selalu dipenuhi warga, khusunya pada hari libur. Banyak wisatawan lokal dan luar daerah berdatangan memanfaatkan obyek wisata air kesembuhan ini.


(ROS)