Meditasi Memiliki Efek Negatif?

   •    Minggu, 24 May 2015 19:15 WIB
kesehatan
Meditasi Memiliki Efek Negatif?
Sebuah penelitian menunjukkan meditasi memiliki efek negatif bagi tubuh (Foto:Corbis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meditasi dianggap sebagai metode cukup ampuh untuk meredakan stres. Namun, sebuah studi terkini mengungkapkan bahwa meditasi memiliki efek negatif bagi tubuh.

Menurut temuan sebuah penelitian di Amerika Serikat, Sekitar 60 persen orang-orang yang melakukan meditasi akan menderita beberapa efek samping negatif, seperti perasaan panik, depresi, dan kebingungan.

Miguel Farias, kepala dari  The Brain, Belief and Behaviour Research Group di Coventry University dan Catherine Wikholm, mengatakan, satu dari empat orang yang bermeditasi menderita efek merugikan yang cukup serius akibat meditasi.

Penelitian ini tentu menunjukkan pandangan yang berbeda bahwa meditasi sebenarnya tidak hanya berdampak positif, tetapi bisa juga berdampak negatif.

Sebuah studi di Inggris juga melakukan sebuah penelitian dengan mengukur efek yoga dan meditasi terhadap para tahanan.

Dalam penelitian ini, para tahanan diminta mengikuti kelas selama 90 menit seminggu sekali untuk mengukur fungsi kognitif. Hasilnya, suasana hati para tahanan membaik.

Selain itu, stres dan gangguan psikologis mereka juga berkurang. Namun, ditemukan juga beberapa dari mereka menjadi lebih agresif dibandingkan sebelum menjalani teknik kesadaran.

"Sulit untuk memiliki pandangan yang seimbang ketika media memuat berbagai artikel yang membuktikan manfaat dari meditasi dan kesadaran," kata Wikholm.

Dia menambahkan, banyak media sering mempublikasikan manfaat dari meditasi, sementara penelitian yang tidak menemukan manfaat secara signifikan jarang mendapat sorotan media.

"Efek ngatif jarang dibicarakan," keluhnya.(Ningtriasih/Daily Mail)


(ROS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA