Mendag Instruksikan Pantauan Lapangan Basmi Beras Plastik

Ilham wibowo    •    Senin, 25 May 2015 04:16 WIB
kasus beras plastik
Mendag Instruksikan Pantauan Lapangan Basmi Beras Plastik
Ilustrasi beras. (Foto: Antara/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Staf Khusus Menteri Perdagangan Ardiansyah Parman mengatakan, Kementerian Dalam Negeri telah mengintruksikan seluruh kepala dinas untuk melakukan pantauan juga berkoordinasi dengan Bareskrim Polri terkait motif kasus beredarnya beras plastik.

"Kami selalu mengikuti perkembangan yang dilakukan oleh kementerian dan lembaga. Pada hari Jumat dipimpin oleh Menteri Perdagangan dilakukan rapat koordinasi. Hadir kementerian dan lembaga termasuk Bareskrim dan sebagainya melakukan langkah-langkah koordinasi," tutur Ardiyansyah, dalam dialog Primetime News Metro TV, Minggu (24/5/2015) malam.

Kepala Badan Perlindungan Konsumen ini pun menjelaskan Menteri Perdagangan telah mengistruksikan kepala dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan pemantauan di lapangan.

Dari pantauan, penyebaran beras plastik hanya ada pada satu titik lokasi yaitu di Bekasi.

"Dari 500 titik katakanlah kabupaten dan kota, hanya satu, di Bekasi dan hanya satu pasar juga, baru itu," tutur Ardiansyah.

Hingga kini belum diketahui motif peredaraan beras plastik ini. Ardiyansyah mengatakan pihaknya fokus terhadap langkah-langkah untuk menjamin keamanan dan kualitas bahan pangan bagi masyarakat.

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jendral Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, lanjut Ardiansyah, telah melakukan uji laboratoriun pada beberapa sempel titik peredaran beras.

"25 titik telah diambil sempel, sedang dikerjakan di lab, dan mudah mudahan dalam minggu depan ini sudah ada pengumunan karena masyarakat menunggu hasil ini," tutur Ardiansyah.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA