Bebas dari Hukuman Mati, Lilik Kembali ke Keluarga

Fajar Nugraha    •    Senin, 25 May 2015 07:01 WIB
wni
Bebas dari Hukuman Mati, Lilik Kembali ke Keluarga
Lilik bertemu dengan keluarganya (Foto: Dok. Direktorat PWNI dan BHI Kemlu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lilik binti Mas'oud kembali ke keluarganya usai bebas dari hukuman mati yang mengancamnya. Dia diancam hukuman mati karena dugaan zina dan persekongkolan untuk membunuh.

Lilik ditangkap pada 2008 di Jeddah dengan tuduhan zina dan dan terlibat persekongkolan dengan seorang warga negara Bangladesh, yang merupakan suami sirinya untuk membunuh WNI lainnya bernama Aisyah.

"Pemerintah melalui KJRI Jeddah telah memberikan bantuan hukum kepada Lilik, termasuk dengan menunjuk pengacara tetap dari kantor pengacara Khudron Alzahrani," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, dalam pesan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Senin (25/5/2015).

"Dalam proses persidangan pengacara berhasil membuktikan bahwa Lilik tidak terlibat dalam pembunuhan," lanjutnya.

Sementara terkait dengan tuduhan zina, pengacara berhasil membuktikan bahwa Lilik telah menikah secara siri. Setelah proses persidangan yang panjang, pada persidangan terakhir Oktober 2014, hakim membebaskan Lilik dari ancaman hukuman mati namun tetap  menjatuhkan hukuman penjara tiga tahun dan 500 kali cambukan.

Setelah melaksanakan hukuman tersebut dan setelah memastikan jaksa penuntut umum tidak melakukan banding terhadap putusan tersebut, pemulangan Lilik ke Indonesia pun langsung diproses.

Dengan dibebaskannya Lilik, sepanjang 2015 ini Pemerintah Indonesia telah berhasil membebaskan 22 WNI dari ancaman hukuman mati di sejumlah negara.

Iqbal menambahkan, pemerintah akan terus memberikan bantuan hukum untuk mengupayakan pembebasan WNI dari ancaman hukuman mati dengan tetap menghormati hukum setempat.


(FJR)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA