On This Day

On This Day: Kisah Dramatis Liverpool Juara Liga Champions

Alfa Mandalika    •    Senin, 25 May 2015 07:02 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Kisah Dramatis Liverpool Juara Liga Champions
Liverpool juara Liga Champions 2004 -- 2005. (Foto: Ist)

Metrotvnews.com: Tepat 25 Mei 2005, Liverpool menyegel gelar Liga Champions kelima mereka. Kemenangan tersebut terasa spesial lantaran diraih dengan perjuangan yang sangat keras.

Ketika itu, Liverpool tidak berada pada kondisi terbaik. Menyelesaikan Liga Inggris di posisi kelima, lalu tak berdaya di Piala FA dan Piala Liga. Namun, situasi yang tidak kondusif tersebut tidak mengganggu fokus The Anfield Gank.

Bertanding di Stadion Ataruk Olimpic Istanbul, Liverpool sempat tertinggal tiga gol di babak pertama. Tentu, untuk menyamakan kedudukan membutuhkan determinasi yang sangat tinggi. Hal itu akhirnya mampu ditunjukkan oleh Steven Gerrard dkk.

Gol pertama Milan diciptakan oleh sepakan voli kapten Paolo Maldini di detik ke-51. Itu merupakan gol tercepat di Liga Champions dan Maldini yang berusia 36 tahun ketika itu menjadi pemain tertua yang mencetak gol cepat.

Tertinggal, Liverpool coba mengejar. Namun, gawang Liverpool kembali bobol dua kali melalui aksi Hernan Crespo di menit 38 dan 42. Sampai turun minum, skor bertahan 3-0 untuk Liverpool.

Memulai babak kedua, Liverpool seperti mendapatkan suntikan semangat yang baru. Permainan Liverpool lebih berkembang dan rajin membangun serangan. Dan, keajaiban pun terjadi. Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dalam tempo enam menit!

Gol pertama diciptakan oleh Gerrard (54'), Smicer ( 56'), dan Xabi Alonso (60'). Pertandingan pun harus dilanjutkan sampai ke babak penalti lantaran sampai perpanjangan waktu tidak ada gol tambahan.

Di babak adu penalti, kiper Jerzy Dudek jadi pahlawan Liverpool. Ia mampu membaca arah bola Andriy Shevchenko. (TDIFH)

 


(ASM)