Rupiah Bertengger di Rp13.165/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 25 May 2015 08:56 WIB
kurs rupiah
Rupiah Bertengger di Rp13.165/USD
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Transaksi perdagangan rupiah pada pagi ini terpantau menguat jika dibandingkan dengan pergerakan sebelumnya.

Berdasarkan catatan Bloomberg, Senin (25/5/2015), gerak rupiah pagi ini dibuka di level Rp13.165 per USD. Adapun pergerakan rupiah ini menguat tipis 7,1 poin atau setara 0,05 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, gerak rupiah berada di posisi Rp13.180 per USD. Senada, transaksi perdagangan rupiah ini menguat 32 poin atau setara 0,24 persen.

Sebelumnya, menurut riset Samuel Sekuritas, pegerakan rupiah pada transaksi perdagangan pagi ini diprediksi akan melemah. Bahkan, perkiraan inflasi oleh Bank Indonesia (BI) yang masih tinggi di bulan ini semakin menambah alasan untuk rupiah tetap lemah hari ini.

"Dolar index yang mulai berbalik menguat akibat pernyataan Yellen dipastikan mempertahankan tekanan pelemahan terhadap rupiah," demikian hasil riset Samuel Sekuritas, di Jakarta.

Menurut riset tersebut, rupiah melemah ketika mayoritas mata uang menguat terhadap dolar pada perdagangan Jumat pekan lalu. Sentimen negatif internal sepertinya masih menghalangi rupiah untuk menikmati sentimen pelemahan dolar index.


(AHL)