Kartu Grafis AMD R9 290X Kalahkan NVIDIA Titan X dalam Pengujian DirectX 12

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 25 May 2015 09:49 WIB
amd
Kartu Grafis AMD R9 290X Kalahkan NVIDIA Titan X dalam Pengujian DirectX 12
Kehadiran DirectX 12 membuat persaingan AMD dan NVIDIA kembali memanas

Metrotvnews.com: 3DMark baru saja menambahkan dukungan terhadap DirectX 12. Beberapa kartu grafis PC telah mendapatkan hasil pengujian terbarunya. Performa grafis dengan menggunakan DirectX 12 memberikan peningkatan yang sangat signifikan pada seluruh lini kartu grafis, baik AMD maupun NVIDIA.

Meskipun demikian, yang mengejutkan adalah kartu grafis AMD ternyata memperoleh peningkatan performa melebihi kartu grafis NVIDIA. Dalam sebuah sesi pengujian dengan menggunakan DirectX 12 yang dilakukan PCWorld, kartu grafis AMD R9 290X berhasil menyalip performa kartu grafis premium NVIDIA, Titan X.

Meskipun selisihnya sangat kecil, hasil tersebut masih cukup mengejutkan, mengingat AMD R9 290X merupakan kartu grafis yang dirilis jauh sebelum Titan X dan memiliki harga yang juga jauh lebih murah.



DirectX12 merupakan sebuah API grafis terbaru yang akan dirilis Microsoft bersamaan dengan sistem operasi Windows 10. Microsoft pernah mengklaim bahwa DirectX 12 akan memungkinkan kartu grafis untuk dapat bekerja secara lebih optimal, sehingga kinerja pemrosesan grafis secara keseluruhan akan lebih baik ketimbang menggunakan DirectX versi sebelumnya.

Dalam demo-nya, Microsoft juga mengatakan, DirectX 12 mampu menangani pemrosesan grafis hingga 65 juta poligon, sedangkan DirectX 11 sendiri sudah tak mampu memproses grafis lebih dari 12 juta poligon.



Kehadiran DirectX 12 telah membuat dua produsen kartu grafis, AMD dan NVIDIA, saling berlomba-lomba untuk menghadirkan performa yang terbaik. NVIDIA telah lebih dulu merilis generasi terbaru kartu grafis Maxwell serta kartu grafis premium, yaitu Titan X.

Sementara AMD baru akan merilis Radeon 300 Series dalam waktu dekat. Meskipun tergolong telat, fakta bahwa kartu grafis lawas AMD dapat mengalahkan kartu grafis NVIDIA terbaru adalah hal yang menarik, dan tentunya akan membuat persaingan kartu grafis di PC kembali memanas. (wccftech.com)


(ABE)