Ini Penyebab Umum Sembelit

   •    Senin, 25 May 2015 10:19 WIB
kesehatan
Ini Penyebab Umum Sembelit
Travelling bisa menjadi penyebab sembelit. (Foto:Huffingtonpost.ca)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susah buang air besar alias sembelit tentu membuat Anda tidak nyaman dan terganggu khususnya pada bagian perut. Namun, banyak orang tidak mengetahui penyebab dibalik sembelit.

Buang air besar yang normal seharusnya adalah setiap hari atau maksimal dua hari sekali. Namun, itupun harus dilihat bagaimana tekstur dari feses yang dikeluarkan apakah terlalu keras atau terlalu cair. Sedangkan sembelit terjadi jika Anda tidak buang air besar dalam kurun waktu beberapa hari. Berikut ini adalah penyebab umum sembelit.

Anda sedang travelling
Selain makanan, penyebab susah sembelit juga bisa dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah travelling. Ketika Anda travelling, biasanya akan ada banyak perubahan yang terjadi dengan sistem pencernaan Anda. Hal ini bisa disebabkan lantaran adanya perubahan pada diet Anda atau kurang serat. Akibatnya, Pencernaan tidak dapat berjalan dnegan normal sehingga menyebabkan Anda susah buang air besar.

Jordan Karlitz, MD, seorang ahli pencernaan dan anggota dari American College of Gastroenterology menyarankan untuk memastikan Anda mendapatkan cukup serat setidaknya 25 gram per hari. "Jika Anda tahu Anda akan pergi travelling, makanlah sereal yang diperkaya serat setiap pagi," kata Karlitz.

Anda stres
Karlitz mengatakan bahwa kebanyakan pasien mengeluh tidak BAB secara teratur lantaran mereka stres. Hal ini terjadi karena sistem saraf enterik berperan penting dalam kesehatan sistem pencernaan Anda. Jika itu terjadi, mintalah bantuan dari dokter untuk membantu meringankan masalah Anda.

Anda tidak konsisten berolahraga
Tidak konsisten dengan olahraga yang Anda jalani dapat menyebabkan Anda menjadi sembelit. "Mengubah apa yang biasa Anda lakukan terhadap tubuh Anda akan mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh Anda, termasuk susah buang air besar," kata Karlitz. Jadi jika Anda tidak yakin bahwa setiap jenis olahraga cukup baik bagi Anda, Anda bisa melakukannya dengan berlari saja.

Anda hamil
Ketika hamil, ada begitu banyak perubahan hormon dan diet, ditambah lagi dengan stres yang berdampak pada sistem enterik juga dapat ikut bermain, kata Karlitz. Jika Anda tengah hamil dan merasa sulit BAB, periksa kembali makanan Anda selama kehamilan.

Pasca operasi
Jika Anda baru saja menjalani operasi dan mengkonsumsi obat anti nyeri untuk jangka panjang, ini bisa menjadi penyebab Anda merasa sulit BAB. Jika Anda mengalami masalah ini, bicarakan dnegan dokter Anda untuk memastikan.

Anda dehidrasi
Kurang minum alias dehidrasi sangat mungkin membuat Anda sulit BAB. Hal yang terpenting adalah Anda tidak terhidrasi dengan cukup serat. "Serat hampir sama dengan air. Jika Anda mendapatkan cukup serat dalam diet Anda, tetapi tidak cukup air, Ini dapat mempengaruhi cara serat melewati sistem Anda, yang mengarah ke sembelit," kata Karlitz. Jadi, minumlah secukupnya dan jangan lupa diimbangi dengan serat.

Gangguan tiroid
Karlitz menjelaskan bahwa seseorang yang menderita Hypothyroidism, kondisi yang disebabkan oleh kelenjar tiroid kurang aktif, sering dapat menyebabkan sembelit. Tiroid berfungsi melepaskan hormon yang terkait dengan berbagai proses dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan Anda. Tanpa cukup hormon-hormon penting, usus Anda dapat melemahkan dan memperlambat.

Anda memiliki kondisi kronis
Jika sembelit Anda berlangsung terus-menerus dan disertai sakit, bisa jadi bahwa Anda menderita gangguan pencernaan seperti Irritable Bowl Syndrome (IBS).

"IBS adalah gangguan yang sangat umum yang dapat berupa diare atau sembelit dominan. Itu dapat menyebabkan periode kronis di mana Anda tidak pergi ke kamar mandi seperti biasanya," kata Kartliz. Jangan mencoba setiap obat OTC, tapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter. (Ningtriasih/Womenshealthmag)


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA