Test Ride

New Yamaha V-Ixion Advance, Feeling Berkendara Tak Banyak Berubah

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 25 May 2015 09:46 WIB
test ride
New Yamaha V-Ixion Advance, <i>Feeling</i> Berkendara Tak Banyak Berubah
Test ride New Yamaha V-Ixion, feeling tak banyak berubah dari V-Ixion yang lama. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Serpong: Penguasa segmen sepeda motor tipe sport hadir dengan banyak hal baru. Salah satu yang jadi nilai jual dari Yamaha New V-Ixion Advance adalah kini sudah memenuhi standar Euro 3. Baik dari hasil emisi mesin maupun bagian lain seperti noise rantai, noise mesin hingga suara klakson.

Hal ini dilakukan karena motor ini juga akan diekspor menuju Vietnam dan Filipina. Sedangkan dari tampilannya, kini menggunakan headlight baru, fender belakang lebih pendek, blok mesin warna emas, under cowl, double layer air scoop, hingga emblem 3D. Spidometer ikonik dengan sapaan "Hi Bro" tak dirubah sama sekali.

Sesaat setelah proses peluncuran, sesi test ride pun dilakukan. Tapi bedanya kali ini dipadukan dengan gymkhana, tidak hanya menggunakan trek lurus atau menikung biasa. Tentunya ini bakal mengeksplor kemampuan motor bermesin 150 cc, SOHC, 4 tak ini.

Duduk di atasnya tak ada perubahan rasa berkendara sama sekali. Badan dibuat sedikit membungkuk dan masih terhitung nyaman, posisi spidometer, tangki, setang dan headlight terasa berada di bawah. Persis model pendahulunya.

Begitu juga dengan posisi footstep, tuas perseneling dan handle kopling yang empuk diremas. Riding position khas V-Ixion juga tak berubah. Dibuat nyaman untuk menunjang perjalanan jauh.

Giliran merasakan performanya, untuk mesin memang tak bisa dirasakan lebih jauh lantaran jalur gymkhana yang justru lebih cocok untuk merasakan handling. Motor terasa ringan dan mudah dikendalikan melewati banyak tikungan model U.

Begitu pun ketika melewati jejeran kun untuk melakukan zig-zig, tak perlu bersusah payah "membanting" motor ini ke kiri dan ke kanan. Padahal bobotnya mencapai 130 kilogram. Hanya saja ketika melalui tikungan panjang sebelum garis finish, footstep mudah sekali menyentuh aspal.

Secara keseluruhan, Yamaha tak menghilangkan rasa berkendara V-Ixion yang dikenal lincah dan nyaman. Hal ini menjadikan sepeda motor ini kawan untuk aktifitas berkendara dikota atau pun touring bersama teman diakhir pekan.

Spesifikasi
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, berpendingin cairan
Isi silinder : 149,7 cc
Diameter x langkah : 57.0 x 58.7 mm
Perbandingan kompresi : 10.4 : 1
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem starter : starter elektrik & kick starter
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5 – kecepatan
P x L x T : 1925mm x 720mm x 1030mm
Jarak sumbu roda : 1300mm
Jarak terendah ke tanah : 165mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 130kg
Kapasitas tangki bensin : 12,9 liter


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA