Permintaan Buah Impor Turun, Mestinya Juga Dongkrak Kesejahteraan Petani

Annisa ayu artanti    •    Senin, 25 May 2015 13:22 WIB
buah impor
Permintaan Buah Impor Turun, Mestinya Juga Dongkrak Kesejahteraan Petani
Ilustrasi. Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina mengatakan saat ini permintaan buah impor mengalami penurunan. Hal tersebut menandakan adanya ruang untuk pasar buah lokal.

Dia menuturkan, penurunan yang sudah terjadi ditahun 2014 yaitu sekitar USD653 juta dari USD1103 juta.

"Tahun 2014 menurun USD653 juta menjadi USD450 juta. Permintaan buah impor masyarakat turun. Artinya sudah mulai ada ruang bagi buah lokal ke pasar kita," kata Srie, dalam diskusi Pangan Kita di Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Srie menjalaskan, hal ini menjadi program edukasi kepada konsumen untuk mencintai produk-produk dalam negeri. "Saya selalu lihat indikasi di pasar. Dulu banyak apel impor sekarang sudah banyak buah lokal. Jadi sudah ada banyak permintaan," cetus dia.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Pertanian, Institur Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa mengatakan, menurunnya permintaan buah impor memang salah satu bentuk pencapaian pemerintah dalam meningkatkan permintaan buah lokal di pasar. Tapi, Dwi menegaskan ada satu tujuan terakhir yaitu kesejahteraan petani yang juga perlu dipikirkan.

"Goal (tujuan) terakhir kesejahteraan petani. Saya setuju ada pembatasan impor buah beberapa tahun terakhir. Impor buah tidak terlalu signifikan. Buah lokal semakin meningkat. Ini hanya masalah pasar," pungkas dia.


(WID)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA