Islah Golkar Jangan Sia-sia

M Rodhi Aulia    •    Senin, 25 May 2015 14:28 WIB
golkar
Islah Golkar Jangan Sia-sia
Golkar kubu Agung Laksono. Antara Foto/Fanny

Metrotvnews.com, Jakarta: Islah merupakan jalan tepat mengakhiri perseteruan di internal Golkar. Namun, islah kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono jangan hanya agar aman menghadapi pilkada serentak.

"(Kalau karena pilkada) ya sia-sia saja. Karena tetap Golkar tidak memiliki kepengurusan," kata pengamat politik Nico Harjanto melalui pesan singkat, Senin (25/5/2015).

Nico menjelaskan, islah khusus itu akan memperlebar masalah. Ketika kedua kubu duduk satu meja membahas pilkada, rawan pertentangan-pertentangan baru.

"Karena sangat mungkin nanti kedua kubu ngotot memasukkan nama-nama untuk dicalonkan di pilkada, dan yang enggak dicalonkan akan ada yang menggugat," terang dia.

Dia berharap Ical dan Agung benar-benar islah. Kedua kubu dapat membentuk kepengurusan permanen atau definitif, kendati harus Munaslub tahun depan. Jika tidak, KPU diminta tetap tunduk dengan aturan hukum yang berlaku.

"Kalau Golkar mencoba mengesahkan kepengurusan sementara, hanya untuk kepentingan pilkada, itu juga menunjukkan orientasi kekuasaan yang kuat tanpa menghiraukan pelembagaan partai politik," pungkas dia.


(TRK)