Kemendikbud Kirim 789 Guru ke Daerah Terluar

Mufti Sholih    •    Senin, 25 May 2015 15:05 WIB
kabinet jokowi-jk
Kemendikbud Kirim 789 Guru ke Daerah Terluar
Anies Baswedan. Foto: Yudhi Mahatma/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim 789 Guru Garis Depan (GGD) ke empat provinsi terluar di Indonesia. GGD ini akan bertugas di Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Aceh.

Acara pengiriman guru ini dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berpesan, guru bisa memberikan pendidikan karakter buat anak Indonesia.

"Anak-anak yang berasal dari daerah pinggir harus punya sebuah kebanggaan, bahwa mereka juga Indonesia dan mereka juga sama dengan anak-anak daerah lainnya," kata Jokowi, Senin (25/5/2015).

Jokowi menyebut, guru tak perlu khawatir berada di empat provinsi itu. Sebab, rakyat Indonesia menjunjung tinggi tatakrama dan keramahan.

"Rakyat Indonesia itu semuanya ramah, enggak usah ada rasa khawatir," imbuh dia.

Presiden pun menjelaskan, pengiriman ini sebagai bagian dari pemerataan pembangunan. Supaya, Indonesia kian mampu bersaing di masa yang akan datang.

"Inilah yang ingin kita ratakan, agar di Jawa, Indonesia Barat, Timur, punya kualitas yang rata. Sangat baik semuanya, targetnya ke sana, jangan sampai ada kesenjangan yang sangat lebar," tegas dia.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, GGD merupakan upaya pemerintah menyediakan guru-guru terbaik. Negara, kata Anies, harus hadir memberikan pelayanan kepada warganya.

"Ini sejalan dengan Nawa Cita ke-3 membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," jelas Anes.


(KRI)