Jelang Persipura vs Pahan FA

JK Minta Dubes Selesaikan Visa Pemain Pahang FA dalam Setengah Jam

Husen Miftahudin    •    Senin, 25 May 2015 15:10 WIB
afc cup 2015
JK Minta Dubes Selesaikan Visa Pemain Pahang FA dalam Setengah Jam
Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri) didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo (kanan), Ketua Dewan Kehormatan PSSI Agum Gumelar (kedua kanan), dan Wakil Ketua Umum PSSI hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Surabaya Hinca Panjaitan (kiri) usai be

Metrotvnews.com, Jakarta: Laga 16 besar AFC Cup yang mempertemukan Persipura Jayapura kontra Pahang FA (Malaysia) diwarnai masalah visa para pemain Pahang FA yang membuat mereka tertahan di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (24/5) malam. Padahal, pertandingan itu sendiri akan dilangsungkan pada Selasa (26/5) besok.

Melihat kondisi tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku langsung menelepon Kedutaan Besar RI untuk Malaysia. Ia meminta pada Kedubes RI agar segera menyelesaikan visa pemain Pahang FA. Bahkan, ia meminta dalam setengah jam, visa pemain harus sudah selesai.

"Tadi saya juga sudah telpon Dubes. Begitu datang permintaan visa, dalam setengah jam Anda keluarkan dan harus selesai," ujar JK ditemui di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/5/2015).

Sebelumnya, pihak Pahang FA mengklaim telah memasukkan aplikasi permohonan visa ke Kedubes RI di Malaysia pada 18 Mei lalu. Mereka mengaku dijanjikan oleh Kedubes RI bahwa semua kebutuhan visa tersebut akan diurus dengan menggunakan layanan visa on arrival di Bandara Soekarno-Hatta.

Hal ini membuat pihak Pahang FA memutuskan untuk memulangkan kembali para pemain ke Malaysia. Hal itu dilakukan setelah tiga pemain asingnya tertahan di Bandara Soekarno-Hatta karena tidak mendapatkan visa kunjungan untuk bermain.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan mengatakan, pihaknya menghormati keputusan Pahang FA yang memutuskan untuk kembali ke negaranya karena merasa tidak difasilitasi soal pengurusan visa saat akan datang ke Indonesia.

"Kita menghormati keputusan itu, tapi kami akan berusaha menjelaskan kepada AFC, juga kepada Pahang FA, mudah-mudahan berhasil. Dan tadi diminta oleh Pak Wapres dan Menpora. Kita usahakan semaksimal mungkin," ujar Hinca.

Meski demikian, Hinca belum bisa memastikan adanya penjadwalan ulang pertandingan Persipura Vs Pahang FA. Hal tersebut baru bisa dipastikan setelah ada pembicaraan dengan AFC.

"Itu tergantung AFC-nya. PSSI atau Persipura hanya menjelaskan pada Pahang FA, bisa menerima ini sebagai sebuah non-sporting problem, lebih pada hal lain," pungkas Hinca.



(ACF)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA