Bareskrim Proses Laporan Romli Atmasasmita

Githa Farahdina    •    Senin, 25 May 2015 15:53 WIB
pencemaran nama baik
Bareskrim Proses Laporan Romli Atmasasmita
Romli Atmasasmita. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus pelaporan pencemaran nama baik oleh Guru Besar Universitas Padjadjaran Romli Atmasasmita terhadap dua aktivis ICW dan seorang mantan penasihat KPK mulai diproses. Menurut Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Hery Prastowo, kasus ini ditangani Mabes Polri.

"Agendanya membuat mindik reskrim, memeriksa saksi korban dan keterangan dari media, dan seterusnya," kata Hery ketika dihubungi wartawan, Senin (25/5/2015).

Namun, belum diketahui kapan jadwal pemeriksaan terkait kasus ini. Kabar yang menyebut Romli akan diperiksa sebagai saksi korban pun tak jelas hingga saat ini.

Sebelumnya, Romli melaporkan dua aktivis ICW Emerson Yuntho dan Adnan Topan Husodo serta mantan penasihat KPK Said Zainal Abidin. Romli tak terima tiga orang itu menyebutnya tak pantas ditunjuk dalam daftar nama Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK.

Sebelumnya Adnan dan Emerson mengatakan Presiden Joko Widodo harus mempertimbangkan untuk menolak Romli masuk dalam anggota pansel KPK.

"Presiden harus punya pertimbangan sendiri, apakah dua orang ini (Romli dan Margarito Kamis) layak jadi anggota pansel, terutama dikaitkan dengan sepak terjang terakhir saat menjadi saksi ahli untuk BG (Budi Gunawan)," kata dia.

Sementara Said khawatir akan timbul konflik kepentingan seandainya Romli masuk dalam susunan pansel KPK. Sama seperti Adnan dan Emerson, Said berharap Romli dan Emerson tak masuk dalam pansel.


(KRI)