Cyber Crime WN Tiongkok Dikoordinir WNI

Arga sumantri    •    Senin, 25 May 2015 15:55 WIB
penipuan tiongkok
<i>Cyber Crime</i> WN Tiongkok Dikoordinir WNI
Polisi publikasikan pelaku kejahatan online asal tiongkok. (Foto: Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Koordinator dan penghubung kejahatan penipuan online yang dilakukan 31 WN Tiongkok dan Taiwan diketahui Warga Negara Indonesia. Mereka komplotan WN Tiongkok di Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, dan Cilandak.
 
Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti mengatakan, sindikat Cyber Crime di Indonesia yang dilakukan seluruh WN Tiongkok dan Taiwan diketuai oleh WNI inisial C. Ia menjadi otak dibalik aksi tindak pidana penipuan menggunakan fasilitas cyber online dengan sasaran warga negara Tiongkok.
 
"Modus dan buktinya sama. Mereka satu jaringan. Dia kena pasal berlapis. Otak atau ketua sindikat inisial C orang Jakarta yang pura-pura tidak bisa bahasa Indonesia. Ia sudah kami tahan, belum kami ekspos," kata Krishna di Jalan Kemang Selatan 1D No 15A, Jakarta Selatan, Senin (25/5/2015).
 
Krisnha mengungkapkan,  Hendri (40) dan Regen (32) menjadi oragnisator kejahatan yang dilakukan dari rumah Jalan Kemang Selatan 1D, No 15A, RT 04, RW 02, Jakarta Selatan.
 
Para pelaku melanggar Pasal 34 Ayat (1) dan Pasal 28 ayat (1) jo pasal 50 UU RI No 11 tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik (ITE), Pasal 2 UU RI No 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan manusia, Pasal 3 UU RI No. 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak pidana perdagangan Manusia dan Pasal 120 dan Pasal 124a UU RI No. 6 tahun 2011 tentang ke imigrasian.
 
"Pasalnya ada yang kena berlapis, ada yang subsider, ada yang dengan dan diakumulasi, ancaman hukumannya beda-beda," ujar Krishna.


(FZN)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA