Kisruh Kemenpora vs PSSI

Tim Transisi Ditolak FIFA, Kemenpora Pantang Menyerah

Kautsar Halim    •    Senin, 25 May 2015 18:14 WIB
kisruh pssi
Tim Transisi Ditolak FIFA, Kemenpora Pantang Menyerah
Gatot S Dewa Broto saat menyambagi kantor Media Indonesia (Foto: MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pihak Kemenpora belum menyerah dalam upayanya menemui FIFA untuk menjelaskan secara detail maksud dan tujuan mereka membuat Tim Transisi dan membekukan status PSSI. Mereka akan kembali mencoba untuk menemui FIFA.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kemenpora sempat meminta FIFA untuk beraudiensi dengan perwakilan dari Tim Transisi untuk membicarakan kisruh yang terjadi di persepakbolaan Indonesia sekarang ini. Namun, FIFA menolak untuk bertemu karena akan menggelar Kongres FIFA.

"Tanggal 20 Mei, Kemenpora sudah kirim surat ke FIFA mengenai kehadiran Tim Transisi. Tanggapan mereka cukup cepat, dua hari kemudian kami langsung dapat balasannya," ujar Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto di media center Kemenpora, Senin (25/5/2015).

"Dalam surat balasan itu, FIFA memang tidak menerima tim Kemenpora. Tapi kami akan tetap berusaha untuk melakukan pertemuan dengan FIFA terlebih dulu," tambahnya.

Tim Transisi dibentuk Kemenpora untuk mengawal tindak tanduk PSSI yang dinilai kurang mumpuni mengurus sepak bola tanah air. Keputusan itu menjadi kisruh karena FIFA hanya mengakui PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia, sedangkan organisasi sepak bola dunia tersebut hanya mau bekerja sama dengan lembaga independen.

Jika kisruh di antara Kemenpora dan PSSI tak kunjung usai, FIFA sudah mengancam akan memberikan sanksi isolasi terhadap sepak bola Indonesia. Tenggat waktu pertimbangan FIFA atas kisruh ini akan diputuskan dalam Kongres FIFA pada 29 Mei mendatang.


(ACF)