Capai Target 5,6%, Pemerintah-Dunia Usaha Harus 'Akur'

Annisa ayu artanti    •    Senin, 25 May 2015 18:32 WIB
pertumbuhan ekonomi
Capai Target 5,6%, Pemerintah-Dunia Usaha Harus 'Akur'
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintahan Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi di 2015 sebesar 5,6 persen. Adapun untuk mencapai target tersebut pemerintah perlu memaksimalkan kerja sama dengan dunia usaha.

Wakil Ketua Umum Kadin Wilayah Timur Annar Salahuddin Sampetoding mengatakan, pemerintah masih harus melakukan satu tugas yaitu pemerataan pembangunan untuk mengurangi celah antarpembangunan wilayah barat dan wilayah timur Indonesia.

"Untuk itu, dalam rangka mempercepat pembangunan wilayah timur Indonesia, maka perlu adanya sebuah pendekatan kebijakan percepatan pembangunan ekonomi wilayah timur," kata Annar, dalam acara Trade & Investment Forum: East Indonesian Regions, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Kebijakan percepatan tersebut, tutur Annar, salah satunya dengan mengintegrasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah atau RPJM di setiap provinsi di Wilyah Timur Indonesia.

Adapun beberapa sektor lain yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan ekonomi wilayah timur Indonesia, Annar menyebutkan di antaranya adalah sektor energi, infrastruktur, pangan, pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta aspek pembiayaan.

"Dari berbagai sektor yang ada di kegiatan ini menekan prioritas utama pada pembangunan energi, infrastruktur, pangan, pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta aspek pembiayaan," jelas dia.


(AHL)