Harga Bawang Merah di Probolinggo Naik

Antara    •    Selasa, 26 May 2015 13:00 WIB
harga bawang merah
Harga Bawang Merah di Probolinggo Naik
Bawang merah (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Probolinggo: Harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), mengalami kenaikan karena permintaan konsumen meningkat terutama permintaan dari luar Jawa yang mendekati bulan suci Ramadan.

"Sebelumnya harga bawang merah sempat turun dari harga Rp4.500 per kilogram (kg), namun per 15 Mei harga bawang merah melambung dari Rp23.500 per kg menjadi Rp28.000 per kg," kata salah satu pedagang bawang merah di Pasar Bawangan, Kabupaten Probolinggo, Sutrisno, Selasa (26/5/2015).

Ia mengatakan, lonjakan harga bawang merah yang tinggi itu salah satunya karena permintaan dari luar Jawa yang meningkat, seperti pengiriman bawang merah ke Madura yang biasanya mengirim ke Madura hanya dua kali seminggu, namun sekarang ini sampai hingga tiga kali pengiriman dalam seminggu.

"Biasanya bawang merah naik maksimal Rp1.000 per kg, namun sekarang ini naik hingga mencapai Rp4.500 per kg. Hal ini kemungkinan terjadi karena mendekati bulan suci Ramadan yang biasanya pembeli atau pedagang akan menyetok persediaan bawang merah," paparnya. 

Harga bawang merah yang melambung itu berdampak pada sebagian ibu rumah tangga. Salah satunya warga Desa Mranggon, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Leli, yang terpaksa harus mengurangi pembelian bawang merah karena harga bawang merah yang terus meningkat.

"Harga bawang merah di Pasar Bawangan, Kecamatan Dringu memang sudah naik. Kenaikan harga bawang merah di Pasar Bawangan sudah berlangsung sejak sepekan lalu, namun sebagai pembeli kurang mengetahui penyebab kenaikan harga bawang merah yang terlalu tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidik Widjarnako membenarkan adanya kenaikan harga bawang merah karena pasokan terbatas dan sebagian tanaman bawang rusak. "Patokan harga bawang merah dari Disperindag sebesar Rp27.500 per kg. Apabila di pasaran harga bawang mencapai Rp28.000 per kg, hal tersebut kemungkinan dari harga tengkulak," pungkasnya.


(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA