Antisipasi Kenaikan Harga, Pemerintah Kendalikan Pasokan Barang

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 26 May 2015 14:12 WIB
bahan pokok
Antisipasi Kenaikan Harga, Pemerintah Kendalikan Pasokan Barang
Ilustrasi. Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengungkapkan, pemerintah akan terus melakukan pengendalian terhadap pasokan bahan pangan guna mencegah terjadinya kenaikan harga jelang Ramadan dan Lebaran.

"Ini kita pantau terus, yang penting ada pasokan beras, gula, daging karena yang menentukan harga itu supply dan demand. Tiap tahun ini kan namanya tradisi. Tetapi kita mencoba di Lebaran ini kami akan berikan perhatian khusus," ujarnya di kantor Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Sofyan mencontohkan, di negara maju yang setiap tahunnya merayakan tahun baru, harga bahan pangan justru malah turun, karena banyaknya pasokan yang tersedia. Sementara Indonesia yang tiap tahunnya merayakan Lebaran, harga bahan pokok justru naik.

"Ini akan kita kendalikan. Terutama pasokan, kalau pasokannya lancar maka harga akan terkendali. Kalau permintaan banyak tapi volume sedikti itu (harganya) akan naik," tutur dia.

Untuk itu, dia menekankan pentingnya menjaga pasokan, terlebih lagi ketika permintaan sedang tinggi. "Untung sedikit boleh, pasokan terbatas dan permintaannya naik maka (harga) itu akan naik. Jadi kalau permintaan tinggi, pasokan kita tambah," ucapnya.

Sementara, terkait perlunya penetapan harga oleh pemerintah, dia menambahkan, perlu terlebih dahulu melihat masalah yang terjadi. "Penetapan harga belum dulu deh. Kita lihat masalahnya dulu," pungkasnya.


(WID)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA