Belanda Tujuan Ekspor Terbesar Sulut

Antara    •    Selasa, 26 May 2015 14:21 WIB
ekspor
Belanda Tujuan Ekspor Terbesar Sulut
Ilustrasi. Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan Belanda merupakan negara tujuan ekspor terbesar Provinsi Sulut pada triwulan pertama 2015. "Kinerja ekspor tersebut berdasarkan surat keterangan asal (SKA) yang diterbitkan oleh Disperindag Sulut," kata Hasudungan, di Manado, Selasa (26/5/2015).

Hasudungan mengatakan, pada triwulan I/2015, Sulut berhasil mengekspor berbagai komoditas ke Belanda sebanyak 11,61 juta ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD13,95 juta.

Menurutnya, Belanda memang sudah menjadi tujuan ekspor utama sejak beberapa tahun silam, karena permintaan dari negara tersebut akan berbagai komoditas unggulan Sulut cukup tinggi. "Komoditas yang biasa dibeli Belanda dari Sulut yakni biji pala, bunga pala, minyak kelapa kasar, dan produk perikanan lainnya," ucapnya.

Ke depan, pemerintah akan mendorong pengekspor Sulut agar terus melakukan diversivikasi produk sehingga permintaan dari negara Eropa, Amerika, Asia dan Afrika akan semakin tinggi. Belanda, katanya, sangat meminati sejumlah produk Sulut, karena sudah teruji, dan telah melewati serangkaian proses sehingga bisa masuk pasar internasional.

"Keyakinan Belanda membeli produk Sulut seakin kuat karena komoditas asal Sulut memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah lainnya," pungkasnya.


(WID)

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

18 minutes Ago

Tiga saksi tersebut ialah politikus Partai Golkar Ade Komaruddin, pengusaha Made Oka Masagung, …

BERITA LAINNYA