Hari Ini, 350 Kepala Museum Indonesia Berkumpul di Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 26 May 2015 16:45 WIB
museum
Hari Ini, 350 Kepala Museum Indonesia Berkumpul di Malang
Museum Mpu Purwa yang dikelola Pemkot Malang, Metrotvnews.com/ Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Sebanyak 350 kepala museum dari seluruh Indonesia berkumpul di ruang sidang Balai Kota Malang, Jawa Timur. Mereka menghadiri pertemuan nasional Museum Indonesia yang dibuka pada Selasa  26 Mei.

"Hari ini sudah dimulai, namun untuk pembukaan secara resmi, nanti malam di Balai Kota Malang," kata anggota Asosiasi Museum Indonesia ( Amida ) Dwi Cahyono.

Salah satu agenda yaitu mengupas tuntas kebijakan permuseuman. Pertemuan itu pun membahas penetapan Hari Museum Nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan pertemuan itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Asosiasi Museum Indonesia (Amida). Isu-isu global seperti cagar budaya pun dibahas dalam kegiatan tersebut.

"Pengembangan museum,  cagar budaya, perusakan situs budaya di dunia dan bagaimana nanti pelestarian di Indonesia akan dibahas tuntas," kata Ida.

Kota Malang memiliki satu museum yang dikelola pemerintah, yaitu Mpu Purwa. Saat ini, Pemerintah Kota Malang tengah memugar museum tersebut. Pemerintah pusat pun membantu anggaran untuk pengembangannya.
 


(RRN)