Lima Langkah Kemenperin Dorong Ekspor Industri Tekstil & Alas Kaki

Husen Miftahudin    •    Selasa, 26 May 2015 16:49 WIB
industri tekstil
Lima Langkah Kemenperin Dorong Ekspor Industri Tekstil & Alas Kaki
Ilustrasi (ANTARA FOTO/OJT/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di tengah kondisi perekonomian yang melamban membuat pemerintah melakukan berbagai langkah untuk menggenjot ekspor produk dalam negeri untuk meningkatkan pemasukan negara. Salah satunya adalah dengan mendorong industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta alas kaki untuk memacu ekspor Indonesia ke luar negeri.

Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan lima langkah strategis guna mendorong eskpor industri TPT dan alas kaki.

Pertama, sebut dia, Kemenperin memberi insentif lebih dalam bentuk kemudahan untuk mendapat bahan baku tekstil dan produk tekstil serta alas kaki. Kedua, memberikan kemudahan akses pembiayaan seperti diamanatkan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian.

"Ketiga, membangun buffer stock untuk industri kapas dan kulit. Lalu yang keempat, melakukan koordinasi antar-kementerian dalam rangka promosi perdaganan dalam negeri," kata Harjanto, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Sementara itu, lanjut dia, stimulan kelima merupakan upaya yang langsung mendorong ekspor. Kemenperin bakal membuka peluang kerja sama berupa Free Trade Agreement (FTA) dengan negara-negara yang dapat menyerap produk garmen dan alas kaki.

Khusus FTA, Harjanto memastikan komitmen pemerintah untuk menjalin kemitraan yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi industri nasional.



(ABD)