Pertamina akan Bangun Depot untuk Bandara Kertajati

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 26 May 2015 18:56 WIB
pertamina
Pertamina akan Bangun Depot untuk Bandara Kertajati
Ilustrasi depot Pertamina. FOTO: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) berencana membangun Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Perusahaan BUMN itu pun menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk menjalin kesepakatan dalam rencana pembangunan. Kesepakatan bersama akan mencakup perencanaan hingga pembangunan DPPU BIJB.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Jawa Barat kepada Pertamina untuk penyediaan bahan bakar pesawat udara di BIJB yang diyakini akan menjadi pemicu bagi pertumbuhan investasi dan perekonomian masyarakat Jawa Barat," ujar Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, seperti dikutip dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Menurut Dwi, keberadaan Pertamina dalam penyediaan bahan bakar di BIJB juga merupakan bukti konkret akan kontribusi perusahaan dalam penyediaan bahan bakar, khususnya untuk pesawat udara.

Saat ini, Pertamina telah mengelola sebanyak 62 DPPU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan produk utama berupa avtur dan avgas. Pertamina memproyeksikan pertumbuhan permintaan avtur di Indonesia berada di kisaran 2,5-6 persen per tahun.

Permintaan avtur tumbuh di kisaran 2,5-6 persen per tahun dalam beberapa tahun mendatang, di mana dalam dua tahun terakhir konsumsi avtur telah berada di kisaran empat juta kiloliter (kl) per tahun," jelas dia.

Sekadar informasi, penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, hari ini.


(AHL)