Benahi Sepak Bola Tanah Air, Emil: PSSI Harus Direformasi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 26 May 2015 19:51 WIB
kisruh pssi
Benahi Sepak Bola Tanah Air, Emil: PSSI Harus Direformasi
Ridwan Kamil menilai kinerja PSSI perlu direformasi (Istimewa)

Metrotvnews.com, Bandung: Meski mundur dari Tim Transisi bentukkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tetap mengikuti perkembangan persepak bolaan di Indonesia, terutama kinerja PSSI yang dinilainya perlu direformasi.

"Satu hal yang saya percayai, PSSI memang harus direformasi," cetus pria yang karib disapa Emil saat ditemui awak media di Hotel Horisson, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/5/2015).

Ia pun mengaku prihatin melihat kondisi persepak bolaan di tanah air yang selalu diterjang masalah. Langkah pemerintah mengambil alih peran dan fungsi PSSI dengan dibentuknya Tim Transisi, lanjut Emil, berbenturan dengan peraturan Federasi Sepak Bola dunia atau FIFA. Ia menilai, pemerintah harus mencari cara lain agar tindakan untuk mengembalikan kondisi persepak bolaan nasional tidak berbenturan dengan peraturan FIFA.

"Yah, kalau saya pada dasarnya prihatin urusan olahraga juga banyak kekisruhan-kekisruhan yang tidak perlu. Bagaimana cara mereformasinya? Ini yang jadi masalah. Ternyata pembekuan dianggap melanggar peraturan FIFA dan lain sebagainya. Mari cari cara mereformasinya dengan cara-cara yang tidak melanggar aturan-aturan yang ada," tutur Emil.

Ia pun berharap, Kemenpora maupun PSSI lebih fokus pada prestasi yang menjadi target persepak bolaan, terutama Tim Nasional Indonesia dan menyampingkan ego untuk menduduki kekuasaan.

"Kita fokus pada prestasinya. Tapi bukan pada keribetan organisasi. Kalau begitu terus, sepak bola Indonesia enggak maju-maju," tegasnya.


(RIZ)