Di Sumenep, Pengurus Parpol Boleh Jadi Anggota Panwaslu Kecamatan

Hidayaturrahman    •    Selasa, 26 May 2015 21:40 WIB
pilkada serentak
Di Sumenep, Pengurus Parpol Boleh Jadi Anggota Panwaslu Kecamatan
Sejumlah peserta mengikuti seleksi anggota Panwascam (Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan), di Serang, Banten, Selasa (7/5/2013). Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Sumenep: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tetap ngotot mengikutsertakan dua calon anggota pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) yang diduga pengurus partai politik.

Keduanya tetap diperbolehkan mengikuti tes wawancara yang dilakukan Selasa (26/5/2015) ini.

Sebanyak 161 peserta ikut serta dalam seleksi panitia pengawas kecamatan yang dipersiapkan untuk menghadapi pilkada serentak pada Desember ini. Para peserta ini tersebar dari 27 kecamatan se-Kabupaten Sumenep.

Komisioner Panwaslu Sumenep Anwar Nuris tetap mengikutkan dua calon tersebut karena belum terbukti otentik tergabung dalam pengurus parpol. Padahal, pengurus parpol bersangkutan sudah membenarkan bahwa dua orang itu masih aktif sebagai pengurus.

“Kami tetap memberi kesempatan tes wawancara sekaligus ingin mengklarifikasi terkait kepengurusan mereka di parpol," kata Anwar, ditemui di kantornya.

Ahmad Suraini, salah satu calon anggota panwascam dari Kecamatan Sapeken menilai Panwas Kabupaten bertindak tidak profesional dalam menjalankan seleksi administrasi dan tes tulis.

"Saya tahu ada dua peserta yang tidak memiliki kartu tanda penduduk setempat yang lolos administrasi, hanya bermodalkan surat keterangan camat. Jadi, Panwas Kabupaten sarat dengan kepentingan politik," ujarnya.
 


(UWA)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

15 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA