Delay 4 Jam Lebih, Penumpang Terima Kompensasi Rp300 Ribu

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 27 May 2015 05:44 WIB
pesawat
<i>Delay</i> 4 Jam Lebih, Penumpang Terima Kompensasi Rp300 Ribu
calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta (Foto: MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suprasetyo mengatakan, penumpang yang terkena delay lebih dari empat jam akan menerima kompensasi sebesar Rp300 ribu. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 89 tahun 2015 tentang delay manajemen.

"Kalau delay itu ada sanksinya, jika lebih dari empat jam dapat kompensasi Rp300 ribu. Itu (terdapat) dalam Peraturan Menteri nomor 89 tahun 2015 tentang delay manajemen, itu sudah ditandatangani Pak Menteri," ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).

Sejauh ini Permen tersebut sedang menunggu proses pengesahan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), untuk selanjutnya segera berlaku. "Sekarang posisi (Permen) lagi di  Menkumham untuk disahkan, mungkin satu atau dua hari ini akan diundangkan, itu langsung berlaku," lanjut dia.

Selain itu, saat ini pihak Kemenhub tengah melakukan audit terhadap bandara maupun maskapai untuk memastikan keamanan penerbangan saat mudik Lebaran nanti.

"Bandara sudah kita audit, pakar sudah kita audit, airlines juga sudah kita audit hampir semua, remcek juga kita audit. Kalau pengawasan kita sudah punya standar keselamatan,  operasi kelaikan sering kita lakukan, slot time sama FA (Flight Approval) kan sudah online," pungkasnya.




(ALB)