Bursa Wall Street Rontok!

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 27 May 2015 08:09 WIB
wall street
Bursa Wall Street Rontok!
Ilustrasi aktivitas di bursa Wall Street -- FOTO: Reuters/Brendan McDermid

Metrotvnews.com, New York: Bursa saham Amerika Serikat (AS) berguguran karena terbebani kekhawatiran tentang Yunani. Bahkan, indeks S&P terdorong ke dalam penurunan terbesarnya dalam tiga pekan terakhir.

Reuters melansir, Rabu, 27 Mei, indeks Dow Jones Industrial Average turun 190,48 poin atau 1,04 persen menjadi 18.041,54, indeks S & P 500 melemah21,86 poin atau 1,03 persen ke 2.104,2, dan Nasdaq Composite melemah 56,61 poin atau 1,11 persen ke 5,032.75.

Pelemahan lainnya didukung faktor adanya beberapa data yang cukup optimistis yang memicu ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga AS bisa datang lebih awal.

Seluruh 10 besar sektor di S & P 500 tercatat lebih rendah, karena penurunan harga minyak membebani saham energi dan saham transportasi. Indeks energi S & P .SPNY turun 1,6 persen, sedangkan transportasi Dow Jones melemah 1,6 persen dan menyentuh level terendah sejak 23 Oktober.

Selain itu, mata uang dolar Amerika Serikat (AS) naik 1,3 persen terhadap sekeranjang mata uang utama DXY karena penurunan harga komoditas.

Sebelumnya, pada pekan lalu Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa bank sentral bisa menaikkan suku bunga tahun ini jika ekonomi terus membaik seperti yang diharapkan. Menambah kekhawatiran itu, Yunani telah memperingatkan kemungkinan akan melewatkan pembayaran utangnya ke Dana Moneter Internasional pada  5 Juni.

Sekitar 6,3 miliar lembar saham berpindah tangan di bursa AS, sedikit di atas rata-rata harian sampai saat ini sebesar 6,2 miliar lembar saham, demikian menurut data BATS Global Markets.


(AHL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA