Makanan dan Minuman yang Tepat Saat Haid

   •    Rabu, 27 May 2015 09:55 WIB
kesehatan
Makanan dan Minuman yang Tepat Saat Haid
Makanan dan minuman yang meredakan nyeri haid. (Foto:healthandhealthyliving.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak hal yang berubah ketika wanita tengah haid. Salah satu yang paling umum adalah emosi yang cenderung tidak stabil, muncul jerawat serta payudara sakit hingga suhu badan yang sedikit meningkat.

Ketika hal ini terjadi, Anda pasti akan melakukan segala macam cara untuk meredakan atau mengatasi masalah yang muncul saat haid. Nah, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu Anda mengatasi masalah haid.

Suasana hati
Untuk mengontrol dan memperbaiki suasana hati, Anda harus minum air sebanyak mungkin dan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air seperti mentimun, jeruk dan lemon. 

Jerawat
Jika Anda menderita jerawat selama datang bulan, minum banyak air putih dan makan sayuran gelap seperti bayam. Buah jeruk,  pepaya, aprikot dan persik juga dapat membantu kulit Anda terutama meningkatkan pergantian sel kulit.

Sakit payudara
Payudara nyeri atau sakit selama haid bisa Anda redakan dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang sering ditemukan pada ikan. Ini akan membantu mengurangi bengkak dn peradangan. Jika Anda tidak suka makan ikan, ganti dengan kacang-kacangan dan alpukat. Kedelai juga telah terbukti membantu meredakan nyeri payudara.

Nyeri perut
Jika Anda menderita kram atau nyeri yang sangat menyiksa, banyaklah minum air hangat atau teh mint. Jika tidak membantu, cobalah sup hangat yang lezat. Selain itu, minumlah susu karena kalsium juga cukup membantu meredakan nyeri haid Anda. (Ningtriasih/Huffingtonpost)


(LOV)