Soroti Tanah & Air, JK Resmikan WSC Forum & Exhibition 2015

Dheri Agriesta    •    Rabu, 27 May 2015 10:52 WIB
sanitasi air bersih
Soroti Tanah & Air, JK Resmikan WSC Forum & Exhibition 2015
Wapres Jusuf Kalla -- FOTO: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Water, Sanitation, and Cities Forum and Exhibition 2015. JK pun menyorot pentingnya tanah dan air untuk dijaga dan dikelola.

"Makanya kita pentingkan tanah dan air, harus dijaga. Bila kita bicara air, sanitasi, itu bagian dari proses kita untuk jaga aturan mainnya sehingga bisa memberikan kita proses kehidupan dan kesehatan yang baik," kata JK, dalam pidatonya di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2015).

Saat berbicara tentang air dan sanitasi, kita tak melulu berbicara tentang air yang diminum. Mengelola air berarti memperhatikan siklus air, keberadaan lahan harus diperhatikan agar ketersediaan air tetap terjaga.

JK juga menyoroti keberadaan hutan yang sudah mulai tergerus pembangunan. Kata dia, jika hutan tak diperhatikan banjir justru menjadi momok bagi masyarakat.

"Air itu serba salah. Kurang air kita marah, lebih air jadi banjir itu salah. Kita harus harmonikan keduanya," tambah dia.

Selepas pidato, JK memukul gong sebagai tanda peresmian kegiatan konferensi ini. Saat memukul gong, JK didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

WSC Forum and Exhibition dihadiri ahli, praktisi, lembaga donor internasional, pemerintah, dan swasta. Kegiatan ini menghimpun enam kegiatan utama, International Water Week, Municipal Solid Watse Management and Domestic Wastewater Management, Smart Planning for Heritage River Cities, National Urban Forum, Youth Program, dan Pemeran yang menampilkan kebijakan dan strategi pembangunan di bidang air, sanitasi, dan perkotaan beserta implementasinya.


(AHL)