Warga Bantaran Kali Melawan, Ahok: Bongkar!

Wanda Indana    •    Rabu, 27 May 2015 11:30 WIB
penggusuran
Warga Bantaran Kali Melawan, Ahok: Bongkar!
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto:MI/Arya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga bantaran Kali Ciliwung menolak ditertibkan. Bahkan mereka melakukan perlawan dengan mendemo rumah Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama dini hari tadi. Ahok tak akan memenuhi tuntutan warga.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, warga Pinangsia, Pademangan, Jakarta Utara  yang mendemo rumahnya menempati tanah negara. Permukiman warga yang berdiri di dekat Sungai Ciliwung itu membuat kali dangkal.
 
"Lebar Kali Ciliwung tinggal dua meter, mereka menempati bantaran kali sepanjang 2,8 kilometer. Hanya ada dua pilihan, pindahkan mereka ke rusun atau membiarkan 10 juta orang kebanjiran. Demi kepentingan bersama, harus dibongkar,” tegas Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2015).
 
Suami Veronica Tan itu mengungkapkan, apapun alasan warga tak mau direlokasi tidak bisa diterima. Menurut Ahok, warga harus mengikuti aturan yang berlaku, karena bangunan mereka tak berizin.
 
"Mereka ngotot mau pindah kalau rusun dibangun dekat rumahnya. Kami sudah baik mau pindahkan mereka ke rusun, masih di Jakarta juga," ujarnya.
 
Selain itu, warga memintan diberikan unit rusun sebelum direlokasi. Namun, berdasarkan pengalaman, Ahok sering ditipu warga karena unit rusun yang diberikan Pemprov DKI disewakan dan dijual. “Kami tidak mau ditipu lagi, mereka yang teriak-teriak adalah pemilik lapak di pinggir kali, yang sewain rumah,” katanya.


(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA