Tool Baru Microsoft Tekan Bandwidth Online Gaming Hingga 83 Persen

Insaf Albert Tarigan    •    Rabu, 27 May 2015 12:21 WIB
games
Tool Baru Microsoft Tekan Bandwidth Online Gaming Hingga 83 Persen
(TechSpot)

Metrotvnews.com: Sejumlah peneliti dari Duke University bekerjasama dengan Microsoft untuk membuat tool yang mampu mengurangi bandwidth online gaming hingga 83 persen. Sudah jadi rahasia umum, game dengan grafis bagus saat ini, terutama untuk perangkat mobile, hanya bisa berjalan lancar melalui cloud gaming.

Dengan kata lain, proses game itu dilakukan di server yang terpisah, kemudian pengguna memainkannya secara streaming. Di satu sisi, hal ini menguntungkan karena pengguna tak perlu memakai peranti keras dengan spesifikasi tinggi. Akan tetapi, mereka harus memiliki bandwidth besar.

Tim dari Duke University dan Microsoft membuat tool yang mereka sebut Kahawai. Kahawai bekerja dengan collaborative rendering. Artinya, alih-alih memproses semua grafis di server yang terpisah jauh, Kahawai memungkinkan perangkat lokal untuk memproses beberapa workload.

Memang, proses berat, seperti menampilkan teksur dan bayangan berkecepatan 60fps masih akan ditangani server terpisah. Tetapi, dengan collaborative rendering, perangkat mobile akan membuat gambaran kasar dari tiap frame atau beberapa sketsa dengan detail tinggi dari frame tertentu dan kemudian menyerahkan proses selanjutnya kepada server terpisah.

Para peneliti telah mengundang 50 gamer kelas berat untuk mencoba tool tersebut dengan memainkan Doom 3. Ketika dibandingkan dengan infrastruktur gaming tradisional, para penguji masih dapat bermain dengan kualitas yang sama. Sayangnya, beluma ada informasi apakah mereka akan memasarkan tool ini secara massal. (TechSpot)

 


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA