Catat! Dua Minggu Sebelum Lebaran Perusahaan Harus Bagi THR

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 27 May 2015 13:17 WIB
tunjangan hari raya
Catat! Dua Minggu Sebelum Lebaran Perusahaan Harus Bagi THR
Buruh saat mendapatkan THR. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengimbau pengusaha dan kalangan bisnis agar memberikan bonus tunjangan hari raya (THR) dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri.

"Paling lambat dua minggu sebelum hari H. Lebih cepat malah lebih baik, kita imbau pada seluruh pengusaha industri, dan komunitas bisnis," ujar dia saat ditemui di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2015).

Hanif menjelaskan, imbauan tersebut berupa Peraturan Menteri Tenaga Kerja yang telah dikeluarkan ditahun-tahun sebelumnya. Dalam aturannya tersebut juga dirinci mengenai perhitungan THR.

"Jadi, saya harap jangan ada lagi yang mangkir bayar THR ke karyawan. Pembayaran THR disegerakan dan besarannya sesuai regulasi," kata dia.

Sebagai informasi, ketentuan mengenai Tunjangan Hari Raya Keagamaan (THR) diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No PER-04/MEN/1994 Tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan ("Permenaker 4/1994").

Menurut Pasal 2 ayat (1) Permenaker 4/1994, pengusaha wajib memberikan THR kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja tiga bulan secara terus menerus atau lebih.


(AHL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA