Industri Otomotif

Empat Alasan Kuat AHM Sepakat Ekspor Motor ke Filipina

Ahmad Garuda    •    Rabu, 27 May 2015 12:49 WIB
honda motor
Empat Alasan Kuat AHM Sepakat Ekspor Motor ke Filipina
PT Astra Honda Motor punya empat alasan kuat yang mendasari kesepakatan melakukan ekspor. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Cikarang: Ketika melakukan pengiriman unit secara resmi dan menekankan program ekspor produknya, PT Astra Honda Motor (AHM) menuturkan alasan mereka menerima permintaan produk dari pasar Filipina. Melalui Toshiyuki Inuma selaku Presiden Director AHM, Ia menegaskan ada empat alasan kuat mereka harus ekspor motor.

"Jadi ada beberapa alasan kuat kami menerima kerja sama yang diajukan oleh Honda Filipina. Diantaranya adalah model-model kita yang sudah sangat variatif. Dibandingkan dengan model yang ada di Filipina, tentunya Indonesia punya banyak produk yang belum dipasarkan di negara tetangga," beber Inuma San.

"Alasan kedua adalah permintaan di pasar Indonesia yang sedikit menurun, sehingga ada kelebihan stok di pasar. Tapi bukan karena stok banyak sehingga kami ingin melakukan ekspor ya, itu konteksnya berbeda. Kemudian alasan ketiga adalah untuk menjaga kesehatan ekonomi nasional. Mengingat fluktuasi nilai tukar rupiah, bakal terbantu jika ekspor produk juga meningkat."

Adapun alasan terakhir yang dituturkan oleh pria asal Jepang itu, adalah kebijakan pemerintah Indonesia yang mendorong untuk meningkatkan ekspor produk. "Jadi ini benar-benar sepemahaman dengan kami di PT AHM. Paling tidak juga untuk membantu program pemerintah berjalan lebih baik. Termasuk strategi penguatan ekonomi lokal," imbuhnya.

Kalau alasan Filipina menjatuhkan pilihan ke produk Honda yang diproduksi di Indonesia, adalah karena jika mereka melakukan investasi untuk membuat produk yang sama, maka biaya investasi akan sangat besar. Apalagi jika dibandingkan dengan beli produk dari produsen sepeda motor Honda di Indonesia.

Untuk tahap awal, AHM rencananya akan mengekspor 30.000 unit motor hingga akhir tahun 2015 nanti.


(UDA)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA