Pembangunan Museum Islam Nusantara di Jombang Dikebut

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 27 May 2015 13:23 WIB
museum
Pembangunan Museum Islam Nusantara di Jombang Dikebut
Maket kawasan Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Jombang, istimewa

Metrotvnews.com, Malang: Pemerintah RI mengebut proyek Museum Islam Nusantara Hasyim Asy'ari (INHA) yang dibangun di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Targetnya, bangunan tersebut diresmikan saat Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama(NU) digelar pada Agustus 2015.

Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kacung Marijan menetapkan Museum INHA dibangun di Jombang. Tujuannya yaitu menghormati para ulama yang berjasa dalam perjuangan Kemerdekaan RI.

Banyak ulama pejuang yang lahir di Jombang. Bahkan, kata Kacung, sejumlah makam pahlawan berada di Jombang. Misalnya, makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

Rencana itu, ujar Kacung, sudah muncul sejak masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp30 miliar untuk pembangunan museum tersebut,” kata Kacung saat menghadiri Pertemuan Nasional Museum Se-Indonesia di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (27/5/2015).

Menurut Kacung, museum akan menyajikan sejarah perkembangan Islam Nusantara. Satu di antaranya Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, ulama dari Tebu Ireng yang menjadi Presiden ke-4 RI.

"Tak lama, Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) juga akan ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Hal itu yang menjadi pertimbangan utama mengapa Museum INHA itu didirikan di Jombang," paparnya.
 


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA