Review Keyboard

ASUS STRIX Tactic Pro, Cocok untuk Gamer RTS

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 27 May 2015 15:01 WIB
review gadget
ASUS STRIX Tactic Pro, Cocok untuk Gamer RTS
ASUS STRIX Tactic Pro menawarkan keyboard dengan fitur anti-ghosting yang sangat bagus

Metrotvnews.com: Keyboard atau papan ketik yang biasa digunakan di PC dapat dikategorikan ke dalam dua jenis berdasarkan mekanisme tipe tombol yang digunakannya: keyboard membran dan keyboard mekanikal. Keyboard mekanikal menggunakan tombol mekanis berupa switch yang khusus.

Kelebihan keyboard mekanikal terdapat pada efek timbal balik (feedback) yang lebih solid ketimbang keyboard membran. Selain itu, keyboard mekanikal memiliki tombol yang lebih responsif, sehingga banyak digunakan para gamer.

ASUS pun memiliki sebuah keyboard mekanikal yang berada di bawah jajaran produk gaming STRIX, yaitu ASUS STRIX Tactic Pro. Keyboard tersebut menggunakan switch besutan Cherry.

Untuk pasar Indonesia, ASUS STRIX Tactic Pro hadir dalam empat jenis switch: Cherry MX Red, Cherry MX Blue, Cherry MX Brown, dan Cherry MX Black. Kali ini, saya diberi kesempatan untuk menjajal seri Cherry MX Black.



Perlu diakui, ASUS STRIX Tactic Pro versi Cherry MX Black adalah keyboard mekanikal yang sangat responsif. Saat menggunakannya, keyboard ini masih dapat membaca barbagai instruksi yang dimasukkan tanpa ada satu pun yang terlewatkan.

Hal ini wajar karena ia memiliki fitur NKRO atau N-Key Rollover yang memungkinkan pembacaan instruksi dapat dilakukan secara akurat dan meminimalisir efek ghosting atau tak terbacanya instruksi saat menekan tombol.

Kombinasi NKRO dengan switch Cherry MX Black merupakan hal yang menarik bagi saya yang gemar memainkan game RTS (Real-Time Strategy). Pemain game RTS biasanya memiliki APM atau tingkat action per-minute yang lebih tinggi ketimbang pemain game lainnya.

Pemain game RTS dituntut untuk dapat mengendalikan berbagai objek secara cepat dan tepat. Saya sempat beberapa kali mencoba memainkan game StarCraft II dan Command & Conquer 3: Kane's Wrath dengan keyboard ini, dan saya dapat merasakan bahwa setiap instruksi yang saya masukkan tidak ada yang terlewatkan.



Tidak hanya itu, karena menggunakan switch Cherry MX Black, setiap tombol terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk bermain game RTS. Pasalnya, Cherry MX Black adalah switch dengan tuts yang tergolong lebih berat. Hal tersebut membuat tombol terasa lebih kaku ketika ditekan dan hal tersebut dapat mencegah saya untuk menekan tombol lainnya secara tak sengaja dalam game.

Meskipun demikian, keyboard ini tak cocok untuk mengetik karena kaku, sehingga Anda akan lebih cepat merasa pegal menggunakannya. Saya juga sering mengalami salah ketik (typo). Kesalahan tersebut pada umumnya berupa penulisan huruf ganda karena sifat switch Cherry MX Black yang tergolong sensitif.

Secara keseluruhan, ASUS STRIX Tactic Pro dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Ia memiliki 21 tombol macro yang dapat diprogram sesuai dengan keinginan penggunanya, serta dilengkapi dengan software khusus yang memungkinkan penggunanya untuk merekam dan mengatur program macro. Selain itu, keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol multimedia dan sebuah pengontrol volume suara.

Kehadiran 21 tombol macro dan tombol multimedia tentunya merupakan nilai lebih, apalagi desain tombol macro-nya sangat mudah dijangkau tangan ketika bermain game. Sayangnya, kombinasi tombol macro-nya sedikit tidak universal bagi saya, terutama ketika saya menjajalnya untuk bermain berbagai game MMORPG. 



Kebanyakan game MMORPG yang saya mainkan memiliki slot skill berjumlah 12 yang biasanya direpresentasikan oleh tombol "1" hingga "=" atau "F1" hingga "F12". Keberadaan tombol macro tentunya sangat membantu saya ketika bermain game MMORPG, terutama saat menggunakan skill, sehingga saya tak perlu mengakses tombol "1" hingga "=" atau "F1" hingga "F12" yang letaknya berjauhan.

Sayangnya, kombinasi tombol macro di keyboard ini adalah 10 tombol di bagian kiri, 3 tombol di bawah tombol "spasi", dan 8 tombol yang digabungkan dengan tombol "F1" hingga "F8". Kombinasi tersebut tentunya tidak pas dengan kombinasi jumlah slot skill yang rata-rata berjumlah 12.

Terlepas dari hal tersebut, ASUS STRIX Tactic Pro masih merupakan keyboard mekanikal yang patut diacungi jempol. Desainnya sangat kokoh, dan cukup ergonomis.

Selain itu, ia tak dilengkapi dengan fitur "percuma" yang tak ada hubungannya dengan kegiatan gaming atau penggunaan PC lainnya.

Pemilihan fitur yang tepat tersebut berpengaruh pada harganya yang sangat kompetitif, yaitu sekitar Rp1.600.000.
 

ASUS STRIX Tactic Pro (Cherry MX Black)

 

8.7

  • + Harga kompetitif
  • + Fitur lengkap
  • + Kemampuan anti-ghosting sangat bagus
  • - Kurang cocok untuk mengetik
  • - Kombinasi tombol macro kurang cocok untuk game MMORPG



(ABE)