Dua Hari ke Osaka, BKPM Kantongi USD640 Juta

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 27 May 2015 13:26 WIB
bkpm
Dua Hari ke Osaka, BKPM Kantongi USD640 Juta
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengantongi komitmen investasi sebesar USD640 juta selama dua hari melakukan roadshow pemasaran investasi di Osaka, Jepang.

"Komitmen tersebut datang dari industri baja USD200 juta, industri kimia USD300 juta, kawasan industri dan properti USD100 juta, dan industri perkapalan USD40 juta," urai Kepala BKPM Franky Sibarani dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Menurut Franky, komitmen tersebut diperoleh dari kegiatan one on one meeting BKPM dengan investor setempat.

"Komitmen investasi di atas, bukan hanya dalam tahap rencana, tapi sebagian sudah memasuki tahap realisasi. Para investor yang bertemu BKPM juga sudah menyampaikan minatnya untuk melakukan perluasan investasi," jelas Franky, dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Memang, tambah dia, survei JETRO menunjukkan dari tiga perusahaan Jepang yang sudah masuk ke Indonesia, dua di antaranya sudah memiliki rencana perluasan. Hal ini akan terus dikawal BKPM untuk segera terealisasi.

Selain itu ada komitmen investasi untuk industri-industri yang strategis dan berorientasi ekspor seperti industri baja, di mana kebutuhan baja di Indonesia sebesar 14 juta ton per tahun, sementara produksi nasional hingga saat ini masih berkisar lima juta ton/tahun, sehingga Indonesia masih harus mengimpor baja sebesar 9-10 juta ton per tahun.

"Adanya investor baja baru tentunya akan meningkatkan produksi baja nasional sekaligus mengurangi angka impor Indonesia. Demikian halnya dengan industri kimia, di mana 50 persen produknya diorientasikan untuk ekspor. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap perekonomian, selain lapangan kerja yang diciptakan," papar dia.

Setelah di Osaka, Kepala BKPM Franky Sibarani melanjutkan roadshow menindaklanjuti minat investasi Jepang di Tokyo dan Nagoya, 27-29 Mei. Di kedua kota tersebut, Kepala BKPM akan melakukan pertemuan one on one meeting dengan investor potensial, pertemuan dengan asosiasi bisnis serta menggelar Investor Forum bekerja sama dengan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ.


(AHL)