Berantas Tengkulak, Pemerintah Bakal Bentuk Pasar Lelang

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 27 May 2015 14:13 WIB
inflasi
Berantas Tengkulak, Pemerintah Bakal Bentuk Pasar Lelang
Ilustrasi. Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo bakal membentuk pasar lelang di daerah-daerah. Hal ini guna menekan laju inflasi melalui pengendalian harga-harga kebutuhan pokok yang menjadi penyumbang inflasi.

Jokowi menjelaskan selama ini harga-harga barang kebutuhan pokok banyak yang melonjak dikarenakan ada mafia yang memainkan harga, sehingga berdampak pada inflasi yang masih tinggi.

"Dengan adanya pasar lelang di daerah, maka harga-harga nanti tidak ditentukan oleh tengkulak. Dengan adanya pasar lelang yang dapat untung adalah produsennya langsung seperti petani misalnya," kata Jokowi dalam Rakornas TPID, di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Menko Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan, pasar lelang nantinya akan didirikan di setiap daerah. Dia berharap setiap komoditas nantinya ada pasar lelang.

"Artinya barang itu dilelang di pasar lelang, untuk tanaman pangan dan lainnya," ujar Sofyan.

Dia menambahkan, mungkin akan dicoba dulu di daerah penghasil utama produk, supaya nantinya harga-harga tercermin dari penawaran dan permintaan. Menurutnya, sekarang ini karena tidak adanya pasar lelang, kita tidak pernah tahu harga sebenarnya.

"Kalau di Tanzania itu pasar cokelat ada pasar lelangnya. Sehingga permintaan dan penawaran akan tercipta di pasar lelang, sehingga harga betul-betul mencerminkan supplay dan demand. Kalau sekarang kan harga sangat ditentukan oleh para tengkulak," pungkasnya.


(WID)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA