Survei Intelektual Muda Sebut Sutarto Kalahkan Prabowo

- 12 Februari 2013 22:31 wib
<p>Endriartono-Sutarto-MI/M Irfan/cs</p>

Endriartono-Sutarto-MI/M Irfan/cs

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekapitulasi hasil survei opini intelektual muda UI mengenai figur tokoh perwira tinggi militer TNI yang berpotensi menjadi Calon Presiden 2014, menunjukkan hal yang di luar dugaan.

Survei ini dilakukan Kelompok Kajian Pembangunan Sosial Politik Indonesia (Kabangsospol Indonesia) UI.

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem diperingkat keempat dari 10 tokoh kalangan militer yang berpotensi besar menjadi calon Presiden.

"Endriartono mengalahkan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, lalu Agum Gumelar dan KASAD saat ini Pramono Edhie Wibowo," ungkap Sekretaris Kabangsospol Nayawan Persada dalam suatu acara dengan tema Siapakah tokoh nasional yang paling pantas menjadi calon Presiden 2014 di Jakarta (12/2)

Diperingkat pertama dalam survei itu adalah Letjen TNI Purn Sutiyoso diikuti Marsekal TNI Purn Djoko Suyanto, lalu Jend TNI Purn Wiranto.

Survei dilakukan di kota besar di 7 provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Tiap-tiap provinsi dipilih 200 responden sehingga total responden adalah 1400 orang. Sampling dengan metode quota sampling dilakukan dari 1 sampai 15 Januari 2013.

Survei bertujuan untuk mengukur kualitas capres dari kalangan militer menggunakan lima indikator yaitu integritas, kapabilitas, kepemimpinan, track record dan kepatuhan terhadap hukum. (Raja Eben L/Win)

()

POLITIK
PERISTIWA
HUKUM
INTERNASIONAL

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia (6)

23 Juli 2014 23:23 wib

Mata Najwa, Rabu (23/07/2014): di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Babak Baru Indonesia', hadir di Mata Najwa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pakar hukum tata negara, Zaenal Arifin Mochtar. Direktur eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla