Pantai Timur Sumut Potensi Terima Banjir Kiriman

- 13 Februari 2013 00:37 wib
<p>MI/Palce A/ip</p>

MI/Palce A/ip

Metrotvnews.com, Medan: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Polonia Medan memprakirakan, daerah pesisir pantai timur di Provinsi Sumatera Utara berpotensi menerima banjir kiriman disebabkan tingginya curah hujan wilayah pegunungan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Polonia Medan Mega Sirait di Medan, Selasa (12/3), mengatakan, daerah pesisir tersebut meliputi Kabupaten Deli Serdang, Serdang bedagai, Asahan, Labuhan Batu, dan Kota Medan.

Potensi genangan air karena banjir kiriman tersebut semakin berpeluang terjadi untuk pemukiman warga yang berada di bantaran sungai.

Secara umum, kata Mega, Sumut memang mulai memasuki musim kemarau pada bulan Februari sehingga menimbulkan suhu yang cukup panas pada siang hari.

Namun terdapat gangguan cuaca berupa tekanan di pantai barat Pulau Sumatra yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga massa udara terbawa.

Massa udara tersebut menyebabkan banyak uap air yang berpotensi menjadi hujan di wilayah pegunungan dan perbuktian seperti di Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Utaram Langkat, Dairi, Karo, dan Toba Samosir.

Curah hujan di pegunungan tersebut turun menjadi banjir kiriman ke daerah pesisir timur Sumut di dataran rendah.

Selain banjir kiriman, tingginya peluang curah hujan juga menimbulkan kerawanan longsor di daerah yang berada di pegunungan tersebut.

Gangguan cuaca tersebut mempengaruhi suhu dan cuaca di Kota Medan yang biasanya akan berlangsung panas pada siang hari disebabkan memasuki musim kemarau.

Sedangkan sore hari, gangguan cuaca mempercepat pembentukan awan konvektif atau awan pembawa hujan.(Ant/Rzy)

()

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengungkapkan forum Musyawarah Kerja Nasional…