Sore Ini, Matahari Ada di Atas Kakbah Bisa Jadi Rujukan Arah Kiblat

Mufti Sholih    •    Kamis, 28 May 2015 10:13 WIB
keagamaan
Sore Ini, Matahari Ada di Atas Kakbah Bisa Jadi Rujukan Arah Kiblat
Matahari-----Ant/Didik Suhartono

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan matahari di akhir Mei rupanya akan menghampiri Jazirah Arab. Sore nanti, sekitar pukul 16.18 WIB pada 28 Mei, matahari akan berada tepat di atas kakbah. Hal itu, bisa digunakan umat Islam untuk menyempurnakan arah kiblat.

"Ibaratnya, kalau di atas Mekkah ada menara yang sangat tinggi, maka kita melihat menara itu sebagai acuan ke Mekkah. Saat matahari ada di atas Mekkah, arah matahari bisa dijadikan arah kiblat," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (28/5/2015).

Astronom lulusan University of Kyoto itu menerangkan sekitar 26 hingga 28 Mei, matahari sedang bergerak ke utara untuk wilayah Indonesia Barat atau yang waktu siangnya sama dengan di Mekkah. Hal serupa terulang pada 16 hingga 18 Juli, saat matahari kembali bergerak ke selatan.

"Saat itu, matahari melintas tepat di atas kakbah. Arah kiblat bisa ditentukan dari bayangan benda vertikal ke arah matahari," sebut dia.

Sementara untuk Indonesia tengah dan timur, waktu untuk mengecek arah kiblat bisa dilakukan pada 29 November dan 14 Janurari.

"Tapi waktunya pagi. Dan untuk menentukan arahnya, dilihat kebalikan dari bayangan benda vertikal tersebut," jelas dia.
 


(TII)