AFC Tetap Dukung Sepp Blatter

Krisna Octavianus    •    Kamis, 28 May 2015 11:06 WIB
fifa
AFC Tetap Dukung Sepp Blatter
Sepp Blatter (Foto: AP/Michael Probst)

Metrotvnews.com, Swiss: Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) kembali menegaskan dukungannya untuk Presiden FIFA Sepp Blatter. Mereka tetap mendorong pemilihan Presiden FIFA tetap dilakukan pada Jumat 29 Mei meskipun skandal korupsi tengah mengguncang badan sepak bola dunia itu.

AFC yang memiliki 47 negara anggota telah menjadi sekutu setia Blatter sejak lama. Dukungan suara dari blok Asia itu sangat penting bagi Blatter untuk menikmati masa jabatan kelimanya sebagai Presiden FIFA.

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sangat kecewa dan sedih ketika penangkapan pejabat FIFA di Zurich, Rabu 27 Mei. Namun, kami menentang penundaan pemilihan Presiden FIFA yang akan dilakukan di Zurich, Jumat 29 Mei," kata AFC dalam pernyataan yang dimuat di situs mereka.

"AFC menegaskan juga akan mendukung Presiden FIFA Joseph S. Blatter. Keputusan itu sudah diambil pada Kongres AFC di Sao Paulo pada 2014. Hasil kongres itu disahkan pada Kongres berikutnya yang terselenggara di Melbourne dan Manama pada 2015," lanjut pernyataan itu.

FIFA telah dilemparkan ke dalam krisis baru dengan penangkapan sejumlah pejabat oleh FBI atas tuduhan korupsi. 

Mereka yang ditangkap sekarang sedang menunggu proses ekstradisi ke Amerika Serikat dan pihak berwenang mengatakan sembilan pejabat sepak bola dan lima pejabat olahraga dan promosi eksekutif menghadapi tuduhan korupsi yang melibatkan lebih dari USD 150 juta.

Jaksa Amerika Serikat mengatakan mereka bertujuan untuk membuat lebih banyak penangkapan. Akan tetapi, belum tahu apakah akan menangkap Blatter untuk penyelidikan lebih lanjut. (CBC)


(ACF)