Menkominfo Buka Festival Teknologi Informasi Komunikasi di Bandung

Roni Kurniawan    •    Kamis, 28 May 2015 12:41 WIB
teknologi
Menkominfo Buka Festival Teknologi Informasi Komunikasi di Bandung
Festival teknologi informasi dan komunikasi di Sabuga, Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara membuka secara resmi Festival Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) di Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Jawa Barat. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Plt Sekda Jawa Barat Iwa Kartiwa turut menghadiri acara tersebut, Kamis 28 Mei..

Kedatangan Rudiantara dan Wali Kota mendapat sambutan meriah. Beberapa relawan mengalungkan bunga ke leher keduanya. Tarian jaipong khas masyarakat Sunda mengiringi langkah keduanya memasuki auditorium Sabuga.

Sebanyak 200 relawan TIK datang dari 47 kabupaten/ kota dari 24 provinsi menghadiri acara tersebut. Mereka menyampaikan beberapa aplikasi kepada Wali Kota Bandung. Satu di antaranya aplikasi untuk mengontrol setiap dinas di Kota Bandung.

"Kota Bandung mempunyai konsep smart city, yaitu mengelola kota dengan cara-cara yang cerdas. Selama teknologi bisa digunakan dan bisa melakukan sesuatu tanpa harus ada rapat atau meeting. Saat ini Bandung baru mempunyai 40 aplikasi salah satunya untuk mengontrol kinerja disetiap dinas," ujar Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil.

Selain itu, Emil mengklaim tingkat komunikasi di Kota Bandung meningkat dengan prosentase lebih dari 90 persen. Komunikasinya berlangsung transparan melalui berbagai aplikasi. Bahkan, ia akan membagikan aplikasi tersebut kepada kota-kota lainnya di Indonesia untuk keseragaman dalam pengelokaan informasi dan komunikasi.

"Jika ada, nanti kita bisa saling bertukar aplikasi antar kota untuk saling melengkapi," tuturnya.

Di samping itu, Emil pun mengajak para relawan TIK yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati dan berwisata di Kota Kembang, menikmati udara sejuk dan keramaian Bandung.

"Wilujeng surving dan sumping di Kota Bandung. Jangan lupa setelah acara belanja-belanja di Kota Bandung," kata pria yang hobi fotografi tersebut.


(RRN)