Pangkalan Militer AS Terserang Bakteri Anthrax

Fajar Nugraha    •    Kamis, 28 May 2015 12:42 WIB
amerika serikat
Pangkalan Militer AS Terserang Bakteri Anthrax
Bakteri Anthrax yang mengancam kesehatan (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Osan: Sebuah pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel) dikabarkan terekspos wabah bakteri berbahaya. Diduga bakteri itu berupa Anthrax yang akan diteliti.
 
Staf di pangkalan militer itu langsung diberikan perawatan darurat. Tercatat 22 orang diduga terkena imbas bakteri berbahaya ini.
 
Sedianya Anthrax itu akan dihancurkan pada Rabu (27/5/2015), setelah berdasarkan pemeriksaan sampel menunjukkan bakteri ini masih berpotensi aktif. Bakteri ini sendiri dikirim tidak disengaja oleh sebuah laboratorium di Utah, AS.
 
Namun pihak berwenang di pangkalan udara militer itu memastikan kondisi dari 22 orang yang diduga terekspos Anthrax ini dalam keadaan aman. 
 
"Tetapi mereka harus menjalani langkah medis untuk pencegahan, termasuk pemeriksaan, diberikan antibiotik dan vaksinasi," ujar pihak berwenang AS, seperti dikutip ITV, Kamis (28/5/2015).
 
Tim darurat langsung dikerahkan untuk menjinakkan bakteri tersebut. Mereka berupaya menyelidiki apakah Anthrax itu menyebar di udara. Jika menyebar, Anthrax bisa menyebabkan sesak napas.
 
Anthrax biasa digunakan dalam penelitian dalam mengembangkan uji coba mendeteksi ancaman teror senjata biologis. 
 
Beberapa insiden melibatkan Anthrax pernah melanda fasilitas AS. Pada 2001, Anthrax dikirim melalui surat ke kantor pemerintah dan media. Insiden ini menyebabkan lima orang tewas.



(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA